Hubungan antara empati dan parental involvement dengan cyberbullying pada remaja pengguna instagram

MAULINA, VERA (2021) Hubungan antara empati dan parental involvement dengan cyberbullying pada remaja pengguna instagram. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (983kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (493kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (388kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara empati dan parental involvement dengan cyberbullying pada remaja pengguna Instagram. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling, dengan sampel penelitian 100 remaja pengguna Instagram di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala empati, skala parental involvement, dan skala cyberbullying. Hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx1,2y sebesar 0,688 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,01), sumbangan efektif sebesar 47,3%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima, dimana empati (X1) dan parental involvement (X2) mempunyai hubungan yang sangat signifikan dengan cyberbullying (Y). Hasil analisis variabel empati (X1) dengan cyberbullying (Y) diperoleh rx1y sebesar -0,629 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), sumbangan efektif sebesar 39,5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara empati dengan cyberbullying pada remaja pengguna Instagram di Kabupaten Kudus, dengan demikian hipotesis pertama yang diajukan diterima. Hasil analisis variabel parental involvement (X2) dengan cyberbullying (Y) diperoleh variabel rx2y sebesar -0,563 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), sumbangan efektif sebesar 31,7%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara parental involvement dengan cyberbullying pada remaja pengguna Instagram di Kabupaten Kudus, dengan demikian hipotesis kedua yang diajukan diterima.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. M. Widjanarko, S.Psi, M.Si Pembimbing 2. Latifah Nur Ahyani S.Psi M.A.
Kata Kunci: Cyberbullying, Empati, dan Parental Involvement
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 23:28
Last Modified: 04 Oct 2021 23:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

View Item View Item