Pengaruh pendekatan konstruktivisme Dan whole language terhadap Keterampilan menulis puisi

PURWANINGSIH, BRIGIDA SRI (2021) Pengaruh pendekatan konstruktivisme Dan whole language terhadap Keterampilan menulis puisi. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (426kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (321kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivismedalam upaya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD di gugus Rajawali, 2) mendeskripsikan penerapan pendekatan whole languagedalam upaya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD di gugus Rajawali. Pendekatan konstruktivisme merupakanpendekatan yang mengajak siswa berpikir dan mengkonstruksi pengetahuan sendiri dari lingkungannya untuk memperoleh pengalaman nyata.Sedangkan pendekatan whole languagemerupakan pendekatan untuk mempelajari bahasa secara keseluruhan yaitu dengan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan pendekatan ini siswa belajar secara aktif mulai dari menyimak puisi yang dibacakan guru atau didengar melalui audio, berdiskusi tentang puisi, membaca puisi dan akhirnya dapat menulis puisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV SD di Gugus Rajawali. Sampel yang digunakan adalah siswa SD Kelas IVSDN 1 Sumberjo sebanyak 15 siswa, SD IT Al Ihsan sebanyak 15 siswa, SDN 2 Sumberjo sebanyak 15 siswa, SDK Santa Maria sebanyak 15 siswa, SDN 1 Pulo sebanyak 13 siswa, SDN 3 Sumberjo sebanyak 17 siswa dengan jumlah sampel 90 siswa. Pengumpulan data melalui angket, observasi dan tes. Sebelum diuji hipotesis dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data keterampilan siswa sudah valid dan homogen dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis uji hipotesis dipaparkan sebagai berikut: 1) Hipotesis pertama menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivismeberpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (0,000 < 0,05),nilai t-hitung sebesar 4,185, nilai t-tabeldengan df 58 yaitu 2,001maka t-hitung 4,185 >t-tabel 2,001 artinya H0 ditolak dan Ha1 diterima; 2) Uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa pendekatan whole languageberpengaruh terhadap keterampilan menulis puisidengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000< 0,05) nilai t-hitung sebesar 7,055 nilai t-tabeldengan df 58 yaitu 2,001 maka t-hitung 7,055 >t-tabel 2,001artinya H0 ditolak dan Ha2 diterima, dan 3) Uji hipotesis yang ketiga menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05nilai t-hitungsebesar 4,814 nilai t-tabeldengan df 58 yaitu 2,001 makat-hitung 4,814 >t-tabel artinya H0 ditolak dan Ha3 diterima.Dapat disimpulkan bahwa bahwa pendekatan whole languagelebih berpengaruh daripada pendekatan konstruktivisme terhadap keterampilan menulis puisi siswa SD kelas IV di Gugus Rajawali Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: kontruktivisme, whole language, keterampilan menulis puisi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Sep 2021 19:03
Last Modified: 30 Sep 2021 19:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15037

Actions (login required)

View Item View Item