Pengembangan game edukasi corona untuk memperkokoh karakter gotong royong dan kemandirian pada muatan pelajaran ppkn Kelas iv sd

ARDIANASARI, DYAH PUJI (2021) Pengembangan game edukasi corona untuk memperkokoh karakter gotong royong dan kemandirian pada muatan pelajaran ppkn Kelas iv sd. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (768kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (447kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (530kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kebutuhan game edukasi corona untuk memperkokoh karakter gotong royong dan kemandirian anak pada muatan pelajaran PPKN kelas IV SD, 2) menghasilkan game edukasi corona untuk memeperkokoh karakter gotong royong dan kemandirian anak pada muatan pelajaran PPKN kelas IV SD, 3) memaparkan kelayakan game edukasi corona untuk memperkokoh karakter gotong royong dan kemandirian anak pada muatan pelajaran PPKN kelas IV SD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model Borg and Gall yang dikenal dengan sepuluh langkah menjelaskan bahwa di dalam model pengembangan ini ada beberapa tahapan yaitu 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi masal. Hasil pengembangan game edukasi ini menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 3 dengan bentuk file berekstensi .exe. Berdasarkan data hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media diperoleh hasil yaitu aspek tampilan dengan rerata skor 42 kategori layak, aspek penyajian dengan rerata skor 15 kategori layak dan aspek pemrograman dengan rerata skor 22.5 dengan kategori layak. Kemudian hasil setiap aspek dijumlahkan dan didapatan hasil rerata sebesar 26.5 dengan kategori layak. Dari hasil respon yang dilakukan pada siswa SD kelas IV diperoleh data yaitu pada aspek materi diperoleh skor total 1062 dengan rerata 40.9 dengan kategori layak, serta pada aspek Media diperoleh skor total 1133 dengan rerata 43.5 dengan kategori layak. Sedangkan berdasarkan respon guru pada aspek materi memperoleh skor 204 dengan rerata 40,8 dengan kategori layak serta pada aspek media dengan skor 239 dengan rerata 47,8 dengan kategori layak. Dari penelitian ini disarankan bahwa: 1) bagi guru hendaknya menerapkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menyenangkan, 2) bagi orang tua hendaknya memperhatikan kondisi karakter anak karena saat ini anak-anak full berada di rumah. Serta memberikan pendampingan yang sesuai untuk memperkokoh karakter anak, 3) bagi peneliti lain hendaknyadapat mengembangkan game edukasi lainnya pada ruang lingkup dan kondisi yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbnig 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Suad, M.Pd.
Kata Kunci: Educational Game, Corona Virus, Mutual Assistance Character and Independence.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Sep 2021 19:11
Last Modified: 30 Sep 2021 19:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15039

Actions (login required)

View Item View Item