Pengembangan media treasure of science berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran tematik kelas v Di sekolah dasar

ULFAH, MITA KURNIA (2021) Pengembangan media treasure of science berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran tematik kelas v Di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (Hal Depan)
halaman judul.pdf - Accepted Version

Download (807kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (243kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB IV (Repaired).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (352kB)
[img] Text (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan media dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar, mendeskripsikan desain pengembangan media Treasure of Science berbasis kearifan lokal, dan mendeskripsikan keefektifan media Treasure of Science berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran tematik kelas V di sekolah dasar di Kabupaten Rembang. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg and Gall, dengan menggunakan sepuluh tahapan yaitu pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, uji produk, revisi hasil uji lapangan, validasi, perbaikan akhir, implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas V se Kecamatan Sedan dan siswa kelas V SDN 1 Karas dan SDN 2 Mojosari. Pengembangan media Treasure of Science berbasis kearifan lokal dilakukan dengan langkah – langkah analisis KI-KD, analisis tujuan pembelajaran, analisis materi pembelajaran, dan desain pengembangan media. Desain pengembangan media Treasure of Science berbasis kearifan lokal terdiri dari media Treasure of Science dan video animasi media Treasure of Science. Komponen produk media Treasure of Science terdiri atas kotak permainan, peti harta karun, clue pertanyaan, pion permainan karakter Kartini, kartu informasi wisata, serta buku panduan penggunaan media. Adapun komponen video animasi media Treasure of Science meliputi suara dubber, sound effect, gambar potongan media Treasure of Science. Video animasi Treasure of Science dibuat dengan menggunakan microsoft power point, selanjutnya dikonvert ke dalam bentuk video dengan format MP4. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli media media, ahli materi dan ahli video animasi. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai 87,5% dengan kategori valid. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai 90% dengan kategori valid dan ahli video animasi memperoleh 87,5% dengan kategori valid. Rata- rata hasil validasi dari tiga ahli adalah 88,3%. Kemudian media Treasure of Science berbasis kearifan lokal diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil penghitungan N-gain adalah 0,78 dengan kategori tinggi. Uji efektifitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil tes tertulis pembelajaran tema 8 di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh bahwa thitung adalah 6,80 dalam ttabel dengan a= 5% diperoleh 1,692 jadi hasil thitung > ttabel . Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa media Treasure of Science berbasis kearifan lokal dapat digunakan dalam pembelajaran tematik kelas V di sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., pembimbing 2 Dr. Irfai Fathurrohman, M.Pd.
Kata Kunci: Media Treasure of Science, kearifan lokal ,pembelajaran tematik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Sep 2021 19:22
Last Modified: 30 Sep 2021 19:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item View Item