Pengembangan media pembelajaran garis bilangan Berbasis gabilpanet untuk membangun pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat Pada siswa kelas vi sekolah dasar

ZAKIAH, FARIDA (2021) Pengembangan media pembelajaran garis bilangan Berbasis gabilpanet untuk membangun pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat Pada siswa kelas vi sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (430kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (194kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (246kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Media pembelajaran merupakan sarana penting untuk menunjang proses pembelajaran. Pelajaran matematika masih dianggap mata pelajaran sulit bagi siswa. Ketersediaan media pembelajaran masih kurang dan tidak menarik. Ini akan berpengaruh kurangnya pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Bertolak dari latar belakang tersebut, maka dibutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk membangun pemahaman konsep dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran garis bilangan berbasis gabilpanet untuk membangun pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VI sekolah dasar di Kabupaten Jepara, 2) Merumuskan pengembangan desain media pembelajaran garis bilangan berbasis gabilpanet untuk membangun pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VI sekolah dasar di Kabupaten Jepara, 3) Menganalisis keefektifan media pembelajaran garis bilangan berbasis gabilpanet untuk membangun pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VI sekolah dasar di Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Borg & Gall. Langkah-langkah pengembangan yang dilaksanakan meliputi: 1) penelitian terhadap produk yang telah ada, 2) studi literatur, 3) perencanaan pengembangan produk, 4) pembuatan produk, 5) uji coba terbatas, 6) uji coba lapangan utama, 7) uji coba lapangan operasionanal. Subjek penelitia ini adalah siswa kelas VI SDN 4 Tulakan, SDN 2 Bandungharjo, SDN 3 Bandungharjo, dan SDN 4 Bandungharjo. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes, dan wawancara. Hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Uji statistik keefektifan dilakukan dengan SPSS 26 version. Data keefektifan media pembelajaran garis bilangan berbasis gabilpanet dianalisis dengan uji normalias dan homogenitas pada taraf signifikansi 0.05. Desain pengembangan media pembelajaran garis bilangan berbasis gabilpanet meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi. Hail pengembangan media berbasis gabilpanet divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan diperoleh skor hasil penilaian rata-rata validator I dan II masing-masing 3,73 dan 3,60 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut maka pengembangan media pembelajaran garis bilangan berbasis gabilpanet untuk membangun operasi hitung bilangan bulat ini layak digunakan. Penggunaan media pembelajaran garis bilangan berbasis gabilpanet ini efektif dan bermanfaat bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk membangun pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat. Berdasarkan data perolehan jumlah skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebersar 0,76 dengan persentase 76%, hasil belajar siswa dengan mencari rata-rata nilai n-Gain diperoleh nilai sebesar 0,69 dengan perolehan rata-rata nilai pre tes 43,00 dan post tes 82,50.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sukirman, M.M, pembimbing 2 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: media pembelajaran, gabilpanet, pemahaman konsep, bilangan bulat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Sep 2021 19:27
Last Modified: 30 Sep 2021 19:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15044

Actions (login required)

View Item View Item