Pengembangan e modul dengan aplikasi 3d pageflip professional untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran ipa Kelas 5 sekolah dasar

ISTICHOMAH, ISTICHOMAH (2021) Pengembangan e modul dengan aplikasi 3d pageflip professional untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran ipa Kelas 5 sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (686kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (653kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian adalah (1) melakukan analisis kebutuhan pengembangkan E-Modul dengan aplikasi 3D PageFlip Professional untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas 5 Sekolah Dasar; (2) mengetahui desain pengembangan E-Modul dengan aplikasi 3D Page Flip Professional untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas 5 Sekolah Dasar; (3) mengetahui efektivitas pengembangan E-Modul dengan aplikasi 3D PageFlip Professional untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas 5 Sekolah Dasar. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development dengan metode ekperimen nonrandomized subject pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara. Menggunakan analisis kelayakan produk pengembangan, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji N-Gain Dengan jumlah responden siswa SDN Gugus Sunan Muria Kecamatan Demak sebanyak 280 siswa. Hasil penelitian ini diperoleh desain pengembangan e-modul dengan aplikasi 3D PageFlip Profesional dengan komponen cover, kata pengantar, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, uraian materi, dan latihan soal. Modul juga dilengkapi buku panduan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai tertinggi yang didapat pada kelompok kontrol 84 dan nilai terendah 55 dengan rata-rata 67. Nilai tertinggi yang didapat pada kelompok eksperimen 93 dan nilai terendah 67 dengan nilai rata-rata 80 menunjukkan nilai rata-rata kelompok ekperimen lebih besar dari kelompok kontrol mengalami perbedaan yang cukup signifikan. Data dari uji t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, yaitu 26,041 > 1,6503 dan Nilai N-Gain dalam kategori tinggi dan tafsiran sangat efektif. Data dari uji normalitas berdasarkan Kolmogorov-smirnov diperoleh nilai signifikansi > ɑ = 5 %. Kelompok eksperimen pre—tes 0.093, post –test 0,081 dan kelompok kontrol pre-tes 0,022, post-tes 0,200. Hal ini menunjukkan bahwa data nilai pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh signifikan 0,433 > 0,005, dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan data homogen (sama) data yang ada homogen.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (I) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd (II) Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A
Kata Kunci: E-Modul, Pembelajaran IPA, Hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Sep 2021 21:22
Last Modified: 30 Sep 2021 21:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15057

Actions (login required)

View Item View Item