PRABOWO, JOKO (2021) Analisis faktor penguasaan materi dan metode pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran bahasa jawa guru sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (HAL JUDUL)
JUDUL.pdf - Accepted Version Download (428kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (128kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (59kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kualitas pembelajaran terutama pembelajaran bahasa jawa . Hal ini diduga karena rendahnya penguasaan materi oleh guru guru dan minimnya variasi metode pembelajaran terutama dalam pembelajaran bahasa jawa. Tujuan penelitian ini diharapkan bisa untuk (1) Menguji pengaruh faktor penguasaan materi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Jawa Guru Sekolah Dasar di lingkungan UPTD Dikbud Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. (2) Menguji pengaruh faktor metode pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Jawa Guru Sekolah Dasar di lingkungan UPTD Dikbud Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.(3) Menguji pengaruh faktor penguasaan materi dan metode pembelajaran berpengaruh terhadap pen di lingkungan UPTD Dikbud Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.ingkatan kualitas pembelajaran Bahasa Jawa Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pendekatan kuantitatif, deskriptif dengan rancangan penelitian exposfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar di lingkungan UPTD Dikbud Kecamatan Guntur. Jumlah populasi 188 dari 39 sekolah.Sampel penelitian 128 orang guru dengan tehnik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket atau koedioner. Analisis data uji uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), deskripsidata, uji prasyarat analisis (uji norlnalitas, uji reliabilitas, uji multikolenieritas) serta uji hipotesis ( uji r, Uji t, Uji determinasai) Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh faktor penguasaan materi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Jawa Guru Sekolah Dasar di lingkungan UPTD Dikbud Kecamatan Guntur Kabupaten Demak sebesar 14,3% dengan korelasi sebesar 0,385. (2) Terdapat pengaruh faktor metode pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Jawa Guru Sekolah Dasar di lingkungan UPTD Dikbud Kecamatan Guntur Kabupaten Demak sebesar 20,3% dengan korelasi sebesar nilai sebesar 0,458. (3) Tedapat pengaruh faktor penguasaan materi dan metode pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Jawa Guru Sekolah Dasar sebesar 23,5% dengan korelasi sebesar 0,497. Saran dari peneliti agar guru mampu meningkatkan penguasaan materi dan mampu memilih metode yang tepat dalam pembelajarn untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, serta kelpala sekolah hendaknya memberikan dukunagn baik moril maupun materiil untuk peningkatan kualitas pemeb;ajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I: Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd., Pembimbing II: Dr. Moh. Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Metode bermain peran dan simulasi wayang |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 21:35 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 21:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15059 |
Actions (login required)
View Item |