Analisis yuridis pelimpahan pemanduan dan pelayanan jasa penundaan kapal menurut peraturan pemerintah republik indonesiaNomor 64 tahun 2015

PRASETIYO, AGUS (2021) Analisis yuridis pelimpahan pemanduan dan pelayanan jasa penundaan kapal menurut peraturan pemerintah republik indonesiaNomor 64 tahun 2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (480kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (483kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (401kB)

Abstrak

Penelitian dengan judul Analisis Yuridis Pelimpahan Pemanduan dan Pelayanan Jasa Penundaan Kapal Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2015 ini dilatar belakangi oleh pelimpahan pemanduan dan pelayanan jasa penundaan kapal melalui konsesi perjanjian sebagaimana yang dikeluarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 81 Tahun 2019 berakibat hukum mencabut dan tidak berlakunya Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 599 Tahun 2012. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab bagaimanakah pelimpahan pemanduan dan pelayanan jasa penundaan kapal menurut Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2015 dan bagaimanakah konsesi perjanjian pemanduan dan pelayanan jasa penundaan kapal setelah berlakunya Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 81 Tahun 2019. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif dan pengambilan datanya dilakukan dengan studi kepustakaan meliputi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dokumen dan buku-buku literatur yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini bersifat diskriptif analitis serta menggunakan metode analisa data kualitatif, yaitu uraian data secara bermutu dalam bentuk kalimat yang teratur, runtun, logis dan tidak tumpang tindih. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelimpahan pemanduan dan pelayanan jasa penundaan kapal menurut Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2015 dengan pemberian konsesi kepada Badan Usaha Pelabuhan melalui mekanisme pelelangan atau melalui penugasan/penunjukan yang dituangkan dalam bentuk perjanjian. Akan tetapi, belum ada peraturan dan/atau pelaksanaan teknis terkait proses konsesi baik melalui pelelangan dan/atau penugasan/penunjukan didalam peraturan perundang-undangan. Konsesi perjajian pemanduan dan pelayanan jasa penundaan kapal setelah dikeluarkannya Keputusan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 81 Tahun 2019 berakibat dicabut dan dinyatakan tidak berlakunya Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 402 Tahun 2011 dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 599 Tahun 2012.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING Dr. Suparnyo SH., MH.,
Kata Kunci: Pelimpahan, pemanduan dan penundaan kapal, konsesi
Subjects: Hukum > Hukum negara
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Sep 2021 21:54
Last Modified: 30 Sep 2021 21:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15061

Actions (login required)

View Item View Item