Pelaksanaan perwalian anak dan tanggung jawab hukum panti asuhan terhadap pemenuhan hak-hak anak asuh di kabupaten kudus

NISYA, KHOIRUN (2021) Pelaksanaan perwalian anak dan tanggung jawab hukum panti asuhan terhadap pemenuhan hak-hak anak asuh di kabupaten kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (691kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (550kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (388kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PELAKSANAAN PERWALIAN ANAK DAN TANGGUNG JAWAB HUKUM PANTI ASUHAN TERHADAP PEMENUHAN HAK-HAK ANAK ASUH DI KABUPATEN KUDUS” ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelaksanaan perwalian anak pada panti asuhan dan tanggung jawab hukum panti asuhan dalam upaya pemenuhan hak-hak anak asuh di Kabupaten Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer sebagai data utama dan data sekunder sebagai data pendukung. Setelah data diperoleh maka disusun secara sistematis, kemudian dianalisa sehingga memperoleh kejelasan dari permasalahan yang dibahas. Selanjutnya, disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa prosedur pelaksanaan perwalian anak pada panti asuhan di Kabupaten Kudus berlaku sejak diserahkannya anak oleh orang tua kepada pihak panti asuhan, hal tersebut tidak sesuai dengan Pasal 3 ayat (1) PP No. 29 Tahun 2019 tentang Syarat dan Tata Cara Penunjukan Wali yang menyatakan bahwa perwalian harus memenuhi syarat penunjukan wali melalui penetapan pengadilan. Kurangnya pengetahuan hukum tentang perwalian pada panti asuhan di Kabupaten Kudus menjadi sebab dari permasalahan tersebut. Selain itu, hal tersebut juga dinilai pihak panti asuhan di Kabupaten Kudus terlalu rumit, memakan banyak waktu dan biaya. Tanggung jawab hukum panti asuhan di Kabupaten Kudus hanya menjalankan perannya sebagai lembaga yang menyelenggarakan pengasuhan anak, bukan sebagai wali karena tidak dapat dipenuhinya syarat perwalian yang harus menggunakan penetapan hakim, maka tugasnya hanyalah menyelenggarakan pengasuhan terhadap diri anak tersebut saja, tidak termasuk mengurus harta kekayaannya dan juga tidak mewakili anak dalam melakukan perbuatan hukum. Tanggung jawab panti asuhan di Kabupaten Kudus dalam upaya pemenuhan hak-hak anak asuh mereka sejauh ini sudah terpenuhi dengan baik. Namun, untuk meningkatkan pemenuhan hak-hak anak asuh, pihak Dinas Sosial P3AP2KB (Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kabupaten Kudus melakukan upaya peningkatan untuk memenuhi hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi anak asuh. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh pihak panti asuhan di Kabupaten Kudus adalah upaya dalam menghadapi masalah diri pribadi anak asuh, masalah pendanaan, dan upaya dalam jumlah terbatasnya pengasuh.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Sukresno, S.H., M.Hum, Dwiyana Achmad Hartanto, S.H., SHI., M.H,
Kata Kunci: Perwalian, Panti Asuhan, Hak Anak Asuh
Subjects: Hukum > Hukum negara
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Sep 2021 23:36
Last Modified: 30 Sep 2021 23:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item View Item