HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 11-12 TAHUN DI DESA PECANGAAN KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA

NISA’, KHOIRUN (2021) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 11-12 TAHUN DI DESA PECANGAAN KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak usia 11-12 tahun di Desa Pecangaan kulon rt 02/ rw 06, dengan rumusan masalah bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua dan hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak usia 11-12 tahun di Desa Pecangaan kulon rt 02/ rw 06. Penelitian ini membahas tentang pola asuh dan hubungannya terhadap kecerdasan emosional anak. Pola asuh orang tua merupakan salah satu aspek yang berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Terdapat empat jenis pola asuh meliputi pola asuh demokratis, otoriter, permisif, dan lalai. Sedangkan kecerdasan emosional merupakan hal yang sangat penting yang dapat mempengaruhi berbagai hal didalam diri seseorang karena dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam diri maupun kehidupan seseorang. Kecerdasan emosional seseorang dapat menjadi penentu masa depan yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi/ gabungan (mixed methods) menggunakan desain sequential explanatory sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pecangaan kulon rt 02/ rw 06 Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek anak usia 11-12 tahun dan orang tua sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil data angket kemudian di analisis dengan uji korelasi product moment variabel pola asuh dengan variabel kecerdasan emosional mendapatkan hasil sebesar 0,963. Hasil tersebut menunjukkan angka positif, nilai koefisien korelasi (r) termasuk dalam kategori sangat kuat berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi. Hasil nilai signifikansi kemudian dibandingkan dengan taraf signifikansi (1/2 ɑ) yaitu 0,002 < 0,025, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak. Kemudian berdasarkan hasil pengumpulan data lainnya yakni wawancara dan observasi mendapatkan hasil bahwa anak berusia 11-12 tahun di rt 02/ 06 memiliki kecerdasan emosional yang berbeda-beda pada setiap anak yang terpengaruhi oleh pola pengasuhan yang didapatkan dari orang tuanya selama ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Fina Fakhriyah, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing 2. Siti Masfuah, S.Pd.,M.Pd.,
Kata Kunci: Pola Asuh dan Kecerdasan Emosional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 18:41
Last Modified: 01 Oct 2021 18:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15072

Actions (login required)

View Item View Item