Analisis pola asuh demokratis orang tua dalam memberikan motivasi belajar siswa kelas v sd negeri 2 RAJEKWESI SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

ROHMANIA, AINUR (2021) Analisis pola asuh demokratis orang tua dalam memberikan motivasi belajar siswa kelas v sd negeri 2 RAJEKWESI SELAMA MASA PANDEMI COVID 19. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Hal.Judul.pdf - Published Version

Download (457kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pola asuh demokratis orang tua dalam memberikan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Rajekwesi selama masa pandemi covid-19, dengan rumusan masalah pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua dalam memotivasi belajar siswa SDN 2 Rajekwesi pada masa pandemi covid 19 dan motivasi belajar siswa berdasarkan analisis pola asuh demokratis orang tua pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini membahas tentang pola asuh demokratis dalam memberikan motivasi belajar siswa. Pola asuh demokratis adalah pola asuh yang diberikan orang tua dimana anak diberi kebebasan akan tetapi orang tua tetap memantau aktivitas yang dilakukan anaknya sehingga bertanggung jawab kepada diri sendiri. Sementara itu motivasi belajar adalah dorongan semangat yang timbul dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa untuk melakukan aktivitas sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksakan penelitian. Dalam penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Rajekwesi Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek orang tua siswa dan siswa SD Negeri 2 Rajekwesi sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua siswa SD Negeri 2 Rajekwesi dalam memberikan pengasuhan pola asuh demokratis dengan cara menerapkan disiplin belajar, mandiri dan taat dalam beribadah. Akan tetapi orang tua siswa tetap memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain namun terdapat batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar oleh anak terutama dalam hal proses belajar. Pada masa pandemi covid-19 cara orang tua untuk menerapkan pola asuh demokratis dalam memberikan motivasi belajar anak yaitu dengan mendampingi saat belajar,memberi dukungan kepada anak, memberi penghargaan kepada anak, serta orang tua kerap memberikan nasihat-nasihat berkaitan dengan belajar serta nilai religius seperti anak harus selalu beribadah dan mengaji secara teratur. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis yang ditarapkan orang tua mampu memberikan dorongan terhadap motivasi belajar siswa dirumah pada masa pandemi covid-19 sehingga siswa mampu mendapatkan hasil belajar yang baik. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan mampu memberikan pengasuhan yang baik bagi anak sehingga anak mampu memiliki semangat belajar yang baik di rumah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1. Deka Setiawan, M.Pd pembimbing 2. Khamdun, M.Pd
Kata Kunci: motivasi belajar, pola asuh demokratis, pandemi covid-19.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Oct 2021 21:42
Last Modified: 03 Oct 2021 21:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15078

Actions (login required)

View Item View Item