Analisis ekspresi nilai budaya Untuk menanamkan toleransi pada siswa sekolah dasar melalui media film denias, senandung di atas awan karya ari sihasale dan nia zulkarnaen

RHOUDHOTUL JANNAH, RATIH (2021) Analisis ekspresi nilai budaya Untuk menanamkan toleransi pada siswa sekolah dasar melalui media film denias, senandung di atas awan karya ari sihasale dan nia zulkarnaen. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (780kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekspresi nilai budaya yang terdapat dalam film “Denias, Senandung di Atas Awan” dengan rumusan masalah ekspresi nilai budaya yang terdapat dalam film dan cara menumbuhkan sikap toleransi melalui tayangan film bagi siswa Sekolah Dasar sehingga mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini didasarkan pada kemajemukan budaya yang ada di Indonesianya yang tidak menjamin masyarakatnya dapat bersikap toleransi, tetapi malah sebaliknya yaitu memunculkan sikap intoleransi. Untuk mengantisipasi dan meminimalisir permasalahan tersebut, maka perlu adanya upaya revitalisasi toleransi, yaitu semangat saling menghargai, menghormati, dan menjaga kerukunan demi tercapainya cita-cita bangsa. Intoleransi budaya tidak akan terjadi jika setiap orang memiliki rasa toleransi yang tinggi terhadap orang lain, baik dengan umat beda agama, maupun dengan orang yang berbeda ras, suku, dan budaya dengan dirinya. Di era sekarang ini, seorang pendidik perlu mengenalkan budaya lain kepada siswa agar mereka dapat mengetahui sekaligus menghargai perbedaan budaya yang ada di sekitarnya. Penelitian ini membahas tentang nilai budaya dan analisis salah satu dari 18 nilai-nilai pendidikan yaitu toleransi dan bagaimana cara implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian, dengan mengambil subjek penelitian yaitu siswa Sekolah Dasar. Analisis konten atau analisis isi merupakan metode penelitian terhadap media yang diteliti. Media yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah media film. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis konten. Hasil penelitian ini terdapat 5 dari 7 unusur budaya menurut Koentjaraningrat yaitu bahasa, pengetahuan, teknologi, dan sistem kemasyarakatan yang dikaitkan dengan berbagai scene adegan yang terdapat di film. Dalam penelitian ini juga ditemukan unsur toleransi terkait dengan film yaitu agree in disagrement, saling mengerti, mengakui hak setiap orang, dan menghormati keyakinan orang lain. Keempat unsur yang terdapat dalam film diharapkan mampu menumbuhkan rasa saling menghargai sehingga muncul sikap toleransi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 :Dr. Suad, M.Pd PEMBIMBING 2 :Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Nilai budaya, film, pendidikan karakter, toleransi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 20:28
Last Modified: 01 Oct 2021 20:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15094

Actions (login required)

View Item View Item