Dampak pembelajaran online di masa covid-19 berbasis aplikasi whatsapp group dan google classroom terhadap motivasi belajar siswa Sdn brati 02

Fina Lestari, Lusiana (2021) Dampak pembelajaran online di masa covid-19 berbasis aplikasi whatsapp group dan google classroom terhadap motivasi belajar siswa Sdn brati 02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (442kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran online berbasis aplikasi Whatsapp Group dan Google Classroom sebagai sarana pembelajaran online akibat Covid-19. Selama penerapan pembelajaran online siswa dan guru kesulitan mendapatkan jaringan internet, sarana prasara belum memadai dan penguasaan teknologi yang kurang sebagai pemicu siswa malas belajar. Media yang belum bervariasi membuat siswa bosan dan jenuh sehingga berdampak pada motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran selama pembelajaran online dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi sosial media yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dari kalangan anak-anak sampai orang tua yang dapat digunakan untuk mengirim pesan berupa teks, suara, gambar dan lokasi dan bahkan melakukan video call dengan mudah. Google Classroom merupakan suatu aplikasi online yang dikembangkan oleh google dengan tujuan untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran tanpa kertas. Motivasi belajar adalah suatu dorongan hasrat dari dalam diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar agar dapat mencapai prestasi atau hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari siswa, guru kelas IV, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa selama penerapan pembelajaran online berbasis aplikasi Whatsapp Group dan Google Classroom di era pandemic membuat motivasi belajar siswa menurun sehingga hasil belajar siswa juga menurun. Dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran online siswa menjadi malas belajar dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan metode lain selama pembelajaran online seperti home visit agar motivasi belajar siswa tetap stabil selama pembelajaran online.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 :Bapak Dr. Murtono, M.Pd PEMBIMBING 2 :Bapak Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Pembelajaran Online, Aplikasi Whatsapp Group dan Google Classroom, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 20:48
Last Modified: 01 Oct 2021 20:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15098

Actions (login required)

View Item View Item