Kohesi dan koherensi pada buku Pengajaran bipa tingkat c1

ANGELIA, BAYU (2021) Kohesi dan koherensi pada buku Pengajaran bipa tingkat c1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL_1.pdf - Published Version

Download (712kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I_1.pdf - Published Version

Download (510kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II_1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III_1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV_1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V _1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf - Published Version

Download (351kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan wujud dan fungsi kohesi dan koherensi pada buku Pengajaran BIPA Tingkat C1, dengan rumusan masalah apa saja wujud dan bagaimana fungsi kohesi dan koherensi pada buku Pengajaran BIPA Tingkat C1. Penelitian ini membahas tentang kohesi dan koherensi yang terdapat pada buku Pengajaran BIPA Tingkat C1. Kohesi (kepaduan makna) dan koherensi (kerapian bentuk) merupakan faktor penting untuk menentukan tingkat keterbacaan dan keterpahaman wacana. Teori yang digunkana pada penelitian ini adalah teori dari Halliday dan Hassan yaitu kohesi gramatikal meliputi pengacuan, penyulihan, pelepasan, konjungsi, dan kohesi leksikal meliputi reiterasi dan kolokasi. Dan teori dari Baryadi yaitu: koherensi berpenanda dan tidak berpenanda. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis wacana struktural dan pendekatan metodologis deskriptif kualitatif. Penelitian ini berdasarkan studi pustaka, dengan mengambil data berupa penggalan teks yang diduga mengandung kohesi dan koherensi pada buku Pengajaran BIPA Tingkat C1. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data metode baca dengan teknik pencatatan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa buku Pengajaran BIPA Tingkat C1 menggunakan kohesi jenis pengacuan, penyulihan, pelepasan, dan konjungsi; koherensi jenis kausalitas, kontras, aditif, temporal, kronologis, perurutan, intensitas, perian, perincian, dan koherensi dialog. Fungsi penggunaan kohesi adalah menghubungkan ujaran dalam hubungan bentuk antar unsur-unsur wacana agar saling melengkapi dan saling berkesinambungan. Fungsi penggunaan koherensi yaitu menghubungkan ujaran dalam bentuk makna saling melengkapi dan saling berkesinambungan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1:Bapak Dr. Irfai Fathurohman, M. Pd PEMBIMBING 2:Ibu Ristiyani, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Kohesi, Koherensi, Buku Ajar, BIPA
Subjects: Bahasa dan sastra > Filologi dan bahasa latin
Bahasa dan sastra > Bahasa dan sastra Asia Timur, Afrika, dan Oseania
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 21:02
Last Modified: 01 Oct 2021 21:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item View Item