The advisors’ written corrective feedback on eed students’ research proposal in muria kudus university

Asdarwati, Dewi (2021) The advisors’ written corrective feedback on eed students’ research proposal in muria kudus university. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUUDL] Text (HAL JUUDL)
Hal Judul.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (495kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version

Download (541kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (390kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing, untuk mengontrol dan memantau karya tulis siswa, guru menggunakan umpan balik korektif sebagai alat pembelajaran efektif yang membantu mereka menulis secara akurat dan efektif. Umpan balik korektif tertulis adalah informasi yang diberikan kepada siswa mengenai kesalahan linguistik yang mereka hasilkan. Penelitian ini berfokus pada umpan balik korektif tertulis pada proposal penelitian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (i) untuk mengidentifikasi jenis umpan balik korektif tertulis yang digunakan oleh pembimbing pada proposal penelitian siswa dan (ii) untuk mengetahui tujuan umpan balik korektif tertulis yang digunakan oleh pembimbing. Ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa umpan balik korektif tertulis yang digunakan oleh pembimbing proposal penelitian mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus. Sumber datanya adalah sepuluh proposal penelitian mahasiswa dan empat pembimbing yang sebagian besar menggunakan umpan balik korektif tertulis untuk meninjau proposal penelitian mahasiswa. Dalam melakukan penelitian, peneliti menganalisis data berdasarkan teori Ellis (2010) dan peneliti mewawancarai pembimbing yang memberikan umpan balik korektif tertulis paling banyak untuk mendapatkan lebih banyak data terkait analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima jenis umpan balik korektif tertulis yang digunakan oleh pembimbing proposal penelitian mahasiswa EED. Terdapat 149 umpan balik korektif langsung (40,93%), 80 umpan balik korektif tidak langsung (21,98%), 10 umpan balik korektif terfokus (2,75%), umpan balik korektif tidak fokus (4,12%), dan 104 umpan balik korektif elektronik (28,57%). Umpan balik langsung adalah umpan balik yang paling sering digunakan oleh pembimbing dan paling sedikit adalah umpan balik terfokus. Hasil dari tujuan umpan balik korektif tertulis yang digunakan oleh pembimbing menunjukkan bahwa penggunaan umpan balik langsung bertujuan untuk membantu siswa meningkatkan keakuratannya dalam menulis secara efektif , penggunaan umpan balik tidak langsung dapat menghemat waktu pembimbing dalam memeriksa proposal penelitian siswa. Umpan balik fokus bertujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang kesalahan penulisan mereka, dan Umpan balik elektronik untuk mengidentifikasi dan merevisi kesalahan penulisan dengan cepat dan efektif. Pada akhir penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru atau pembimbing penelitian menerapkan umpan balik korektif tertulis pada karya tulis siswa dan memfasilitasi siswa untuk memiliki keterampilan menulis yang baik melalui umpan balik korektif tertulis. Sehingga kemampuan menulis siswa menjadi lebih baik dan siswa dapat menjadi penulis yang baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 :Drs. Muh. Syafei, M.Pd PEMBIMBING 2 :Aisyah Ririn Perwikasih Utari, S.S., M.Pd
Kata Kunci: umpan balik korektif tertulis, proposal penelitian, penulisan akademis
Subjects: Pendidikan > Institusi perorangan (Amerika)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 21:07
Last Modified: 01 Oct 2021 21:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15102

Actions (login required)

View Item View Item