Students’ perceptions on the grammatical problems Of final project writing (a descriptive study at english education department Muria kudus university)

Ayu Eka Safitri, Diah (2021) Students’ perceptions on the grammatical problems Of final project writing (a descriptive study at english education department Muria kudus university). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img] Text (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penguasaan tata bahasa menjadi salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa dalam penulisan skripsi, terbukti dari setiap bagian konsultasi sebagian besar mahasiswa mendapatkan koreksi tata bahasa. Berdasarkan wawancara pribadi peneliti dengan beberapa mahasiswa, mereka mengakui jika menghadapi kesulitan dalam penggunaan tata bahasa dalam penulisan skripsi. Menulis skripsi merupakan mata kuliah wajib yang harus dilakukan mahasiswa sebelum lulus dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (EED) Universitas Muria Kudus (UMK). Penelitian ini berfokus pada masalah tata bahasa yang dihadapi mahasiswa yang terdiri dari tenses (present and past tenses), kalimat aktif/ pasif dan struktur kalimat (sederhana, majemuk, kompleks dan majemuk-kompleks). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang masalah tata bahasa dalam menulis skripsi di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (EED) Universitas Muria Kudus (UMK). Data dikumpulkan dari 30 mahasiswa yang masih dalam proses penulisan skripsi. Kuesioner tertutup online melalui Formulir Google digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi negative terhadap masalah tata bahasa, ini dibuktikan dari jawaban mahasiswa pada kolom questionnaire. Dari 23 aspek yang peneliti analisis, 18 aspek, ini artinya mahasiswa mendapatkan kesulitan dalam menulis skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap masalah tata bahasa ada pada aspek yang peneliti analisis, yaitu tenses, kalimat aktif / pasif, dan struktur kalimat. Sedangkan permasalahan yang paling banyak dihadapi siswa adalah penilaian tertinggi untuk masalah yang dihadapi mahasiswa, yaitu simple past tense, kalimat pasive dan struktur kalimat (simple, majemuk, komplek and kalimat majemuk-kompleks. Semoga penelitian ini bermanfaat untuk mahasiswa dan dosen. Setelah membaca penelitian ini mahasiswa diharapkan lebih serius dalam belajar tata bahasa. Disamping itu, dengan menguasai tata bahasa mahasiswa akan lebih mudah menyampaikan ide dan gagasan. Dosen diharapkan lebih menyadari dan serius dengan permasalah mahasiswa terhadap tata bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelesaikan masalah mahasiswa tentang tata bahasa dalam menulis skripsi, jadi dosen dan mahasiswa dapat bekerjasama untuk menemukan solusi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Dra. Sri Endang Kusmaryati, M.Pd pembimbing 2 :Rusiana, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Permasalahan Tata Bahasa, Menulis skripsi, Persepsi Mahasiswa
Subjects: Pendidikan > Institusi perorangan (Amerika)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Hari-hari khusus, hari peringatan, hari libur sekolah
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 21:31
Last Modified: 01 Oct 2021 21:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15109

Actions (login required)

View Item View Item