Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing

Sukiman, - (2011) Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yayasan Adhigama, Rembang. ISBN 978-979-97438-9-3

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Sampul) - Published Version
Download (810kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Verso) - Published Version
Download (61kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (368kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (87kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (27kB) | Request a copy
[img] PDF (Contoh Proposal PTK) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (Contoh I Laporan PTK) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (77kB) | Request a copy
[img] PDF (Contoh 2 Laporan PTK) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (323kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (55kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Sinopsis) - Published Version
Download (54kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Biografi Penulis) - Published Version
Download (63kB) | Tinjau ulang

Abstrak

“Pengalaman adalah guru yang paling baik,” namun sayangnya tidak semua orang mau berguru pada pengalaman. Dalam profesi bimbingan dan konseling kondisi tersebut tercermin dalam unjuk kerja yang sering menampilkan ”profil orang tua” daripada ”profil konselor”. Suatu kondisi yang memprihatinkan bahwa tampilan tersebut dirasa sebagai suatu yang benar dalam praktik layanan bimbingan dan konseling. Lewat PTK BK guru BK akan mendapatkan informasi logik sehubungan dengan tampilannya yang selama ini dirasa sudah benar. Karena sesungguhnya PTK BK sama dengan kegiatan layanan BK Plus, yaitu kegiatan layanan seperti biasanya ditambah dengan kegiatan pengamatan terhadap proses pelaksanaan kegiatan layanan dan ditindaklanjuti dengan kegiatan refleksi (suatu kegiatan untuk mengetahui seberapa bisa suatu kondisi tertentu yang diinginkan telah dapat dicapai dengan tindakan tertentu). Berdasarkan temuan pada tahap refleksi, guru BK dan kolaborator menyusun rencana baru untuk perbaikan pada kegiatan layanan berikutnya. Buku Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling) berisikan dua macam materi untuk dua sasaran. Bagian pertama, dimaksudkan untuk menyegarkan kembali pemahaman guru BK tentang dasar-dasar bimbingan dan penyelenggaraannya sebagaimana diteorekan. Bagian kedua, untuk memberikan pencerahan tentang cara bagi guru BK dalam meningkatkan kualitas layanan dan hasil layanan BK. Karenanya dalam buku ini disajikan contoh pembuatan proposal PTK BK beserta laporannya. Dengan contoh tersebut diyakini tidak ada alasan lagi untuk mengatakan sulit atau tidak bisa melakukan peningkatan kualitas layanan BK melalui PTK BK. PTK BK dapat dimulai dari permasalahan yang sederhana, dan guru BK memiliki minat dan kemampuan untuk melaksanakannya. Guru BK tidak perlu merasa risau dan galau jika mengalami situasi yang “semrawut” pada pengalaman pertama melaksanakan PTK BK. Every beginning is difficult.

Tipe dokumen: Buku
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mrs Noor Athiyah
Tanggal Deposit: 20 Jul 2013 03:09
Last Modified: 20 Jul 2013 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item