Sukiman, - (2011) Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yayasan Adhigama, Rembang. ISBN 978-979-97438-9-3
Preview |
Image (JPEG) (Sampul)
COVERBUKU.jpg - Published Version Download (810kB) |
Preview |
PDF (Verso)
1._bag._depan.pdf - Published Version Download (61kB) |
PDF (Bab I)
BAB_I_PTK_BK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_PTK_BK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB_III_PTK_BK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV_PTK_BK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB_V_PTK_BK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI_PTK_BK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
|
PDF (Contoh Proposal PTK)
contoh_proposal_PTK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
PDF (Contoh I Laporan PTK)
Contoh_Laporan_PTK_BK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
|
PDF (Contoh 2 Laporan PTK)
contoh_laporan_2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
PUSTAKA_PTK.pdf - Published Version Download (55kB) |
Preview |
PDF (Sinopsis)
SINOPSIS.pdf - Published Version Download (54kB) |
Preview |
PDF (Biografi Penulis)
BIOGRAFI.pdf - Published Version Download (63kB) |
Abstrak
“Pengalaman adalah guru yang paling baik,” namun sayangnya tidak semua orang mau berguru pada pengalaman. Dalam profesi bimbingan dan konseling kondisi tersebut tercermin dalam unjuk kerja yang sering menampilkan ”profil orang tua” daripada ”profil konselor”. Suatu kondisi yang memprihatinkan bahwa tampilan tersebut dirasa sebagai suatu yang benar dalam praktik layanan bimbingan dan konseling. Lewat PTK BK guru BK akan mendapatkan informasi logik sehubungan dengan tampilannya yang selama ini dirasa sudah benar. Karena sesungguhnya PTK BK sama dengan kegiatan layanan BK Plus, yaitu kegiatan layanan seperti biasanya ditambah dengan kegiatan pengamatan terhadap proses pelaksanaan kegiatan layanan dan ditindaklanjuti dengan kegiatan refleksi (suatu kegiatan untuk mengetahui seberapa bisa suatu kondisi tertentu yang diinginkan telah dapat dicapai dengan tindakan tertentu). Berdasarkan temuan pada tahap refleksi, guru BK dan kolaborator menyusun rencana baru untuk perbaikan pada kegiatan layanan berikutnya. Buku Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling) berisikan dua macam materi untuk dua sasaran. Bagian pertama, dimaksudkan untuk menyegarkan kembali pemahaman guru BK tentang dasar-dasar bimbingan dan penyelenggaraannya sebagaimana diteorekan. Bagian kedua, untuk memberikan pencerahan tentang cara bagi guru BK dalam meningkatkan kualitas layanan dan hasil layanan BK. Karenanya dalam buku ini disajikan contoh pembuatan proposal PTK BK beserta laporannya. Dengan contoh tersebut diyakini tidak ada alasan lagi untuk mengatakan sulit atau tidak bisa melakukan peningkatan kualitas layanan BK melalui PTK BK. PTK BK dapat dimulai dari permasalahan yang sederhana, dan guru BK memiliki minat dan kemampuan untuk melaksanakannya. Guru BK tidak perlu merasa risau dan galau jika mengalami situasi yang “semrawut” pada pengalaman pertama melaksanakan PTK BK. Every beginning is difficult.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mrs Noor Athiyah |
Date Deposited: | 20 Jul 2013 03:09 |
Last Modified: | 20 Jul 2013 03:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1511 |
Actions (login required)
View Item |