Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing

Sukiman, - (2011) Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yayasan Adhigama, Rembang. ISBN 978-979-97438-9-3

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Sampul) - Published Version
Download (791Kb) | Tinjau ulang
    [img]
    Tinjau ulang
    PDF (Verso) - Published Version
    Download (59Kb) | Tinjau ulang
      [img] PDF (Bab I) - Published Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (320Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab II) - Published Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (238Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab III) - Published Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (359Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab IV) - Published Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (277Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab V) - Published Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (85Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Bab VI) - Published Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (27Kb) | Request a copy
                  [img] PDF (Contoh Proposal PTK) - Published Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (184Kb) | Request a copy
                    [img] PDF (Contoh I Laporan PTK) - Published Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (75Kb) | Request a copy
                      [img] PDF (Contoh 2 Laporan PTK) - Published Version
                      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                      Download (315Kb) | Request a copy
                        [img]
                        Tinjau ulang
                        PDF (Daftar Pustaka) - Published Version
                        Download (54Kb) | Tinjau ulang
                          [img]
                          Tinjau ulang
                          PDF (Sinopsis) - Published Version
                          Download (53Kb) | Tinjau ulang
                            [img]
                            Tinjau ulang
                            PDF (Biografi Penulis) - Published Version
                            Download (62Kb) | Tinjau ulang

                              Abstrak

                              “Pengalaman adalah guru yang paling baik,” namun sayangnya tidak semua orang mau berguru pada pengalaman. Dalam profesi bimbingan dan konseling kondisi tersebut tercermin dalam unjuk kerja yang sering menampilkan ”profil orang tua” daripada ”profil konselor”. Suatu kondisi yang memprihatinkan bahwa tampilan tersebut dirasa sebagai suatu yang benar dalam praktik layanan bimbingan dan konseling. Lewat PTK BK guru BK akan mendapatkan informasi logik sehubungan dengan tampilannya yang selama ini dirasa sudah benar. Karena sesungguhnya PTK BK sama dengan kegiatan layanan BK Plus, yaitu kegiatan layanan seperti biasanya ditambah dengan kegiatan pengamatan terhadap proses pelaksanaan kegiatan layanan dan ditindaklanjuti dengan kegiatan refleksi (suatu kegiatan untuk mengetahui seberapa bisa suatu kondisi tertentu yang diinginkan telah dapat dicapai dengan tindakan tertentu). Berdasarkan temuan pada tahap refleksi, guru BK dan kolaborator menyusun rencana baru untuk perbaikan pada kegiatan layanan berikutnya. Buku Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling) berisikan dua macam materi untuk dua sasaran. Bagian pertama, dimaksudkan untuk menyegarkan kembali pemahaman guru BK tentang dasar-dasar bimbingan dan penyelenggaraannya sebagaimana diteorekan. Bagian kedua, untuk memberikan pencerahan tentang cara bagi guru BK dalam meningkatkan kualitas layanan dan hasil layanan BK. Karenanya dalam buku ini disajikan contoh pembuatan proposal PTK BK beserta laporannya. Dengan contoh tersebut diyakini tidak ada alasan lagi untuk mengatakan sulit atau tidak bisa melakukan peningkatan kualitas layanan BK melalui PTK BK. PTK BK dapat dimulai dari permasalahan yang sederhana, dan guru BK memiliki minat dan kemampuan untuk melaksanakannya. Guru BK tidak perlu merasa risau dan galau jika mengalami situasi yang “semrawut” pada pengalaman pertama melaksanakan PTK BK. Every beginning is difficult.

                              Tipe dokumen: Buku
                              Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                              Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                              Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                              Depositing User: Mrs Noor Athiyah
                              Tanggal Deposit: 20 Jul 2013 10:09
                              Last Modified: 20 Jul 2013 10:09
                              URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1511

                              Actions (login required)

                              View Item