The perceptions of the students of man 1 kudus toward the use of bahasa indonesia in english classroom

Nurul Hidayah, Lestari (2021) The perceptions of the students of man 1 kudus toward the use of bahasa indonesia in english classroom. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
COVER.pdf - Published Version

Download (438kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (210kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] Text (bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
APPENDEICES.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang memegang peranan penting di era globalisasi untuk komunikasi. Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa pertama di kelas Bahasa Inggris menjadi kontroversi hingga saat ini. Terdapat pro dan kontra mengenai penggunaan Bahasa pertama pada kelas Bahasa Inggris. Beberapa penelitian menyatakan bahwa penggunaan Bahasa Pertama pada kelas Bahasa Inggris memberikan manfaat dalam memfasilitasi pembelajaran Bahasa, tetapi beberapa penelitian lainnya menyatakan bahwa penggunaan Bahasa pertama dalam Bahasa asing tidak efektif bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan Bahasa pertama untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris siswa menjadi hal yang harus dihindari atau tidak pada kelas Bahasa Inggris. Berdasarkan latar belakang, peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian yang berjudul “Persepsi Siswa MAN 1 Kudus Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Kelas Bahasa Inggris dan keuntungan dan kerugian penggunaan Bahasa Indonesia pada kelas Bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data penelitian ini meliputi persepsi siswa terhadap penggunaan Bahasa Indonesia pada kelas Bahasa Inggris. Sumber data penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI IPS 4 di MAN 1 Kudus pada kelas Bahasa Inggris. Terkait pengumpulan data, peneliti menggunakan angket tertutup dengan 15 pertanyaan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan Bahasa Indonesia pada kelas Bahasa Inggris dan 5 siswa untuk interview untuk menemukan keuntungan dan kerugian penggunaan Bahasa Indonesia pada kelas Bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memberikan persepsi positif terhadap penggunaan Bahasa Indonesia pada kelas Bahasa Inggris.terlihat dari total presentase, 76% memberikan persepsi positif persepsi dan 24% memberikan persepsi negative. Siswa setuju bahwa siswa lebih suka jika guru juga menggunakan Bahasa Indonesia pada kelas Bahasa Inggris. Siswa juga merasa bahwa penggunaan Bahasa indoneisa pada kelas Bahasa Inggris memberikan suasana bagus dalam proses belajar yang dapat meningkatkan partisipasi siswa. Penggunaan Bahasa Indonesia pada kelas Bahasa Inggris juga memberikan keuntungan pada proses belajar. Peneliti menemukan keuntungan dan kerugian terhadap penggunaan Bahasa Indonesia pada kelas Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia memberikan keuntungan dalam proses belajar meskipun Bahasa Indonesia membatasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris dan membuat siswa bergantung pada terjemahan guru akan tetapi Bahasa Indonesia masih diperlukan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Drs. Suprihadi, M.Pd pembimbing 2 :Farid Noor Romadlon, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Persepsi, Bahasa Indonesia, Kelas Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Institusi perorangan (Amerika)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Oct 2021 21:41
Last Modified: 03 Oct 2021 21:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item View Item