Pengembangan video pembelajaran berbasis quiz untuk meningkatkan hasil belajar materi energi alternatif siswa kelas iv sekolah dasar

SETYOWATI, ENDANG (2021) Pengembangan video pembelajaran berbasis quiz untuk meningkatkan hasil belajar materi energi alternatif siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BABI.pdf - Accepted Version

Download (828kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BABII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BABIII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BABIV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BABV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (833kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan video pembelajaran, desain pengembangan video pembelajaran berbasis Quiz, keefektifan video pembelajaran berbasis Quiz untuk meningkatkan hasil belajar materi energi alternatif siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa video pembelajaran. Analisis kebutuhan video pembelajaran oleh guru dan siswa, validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi, uji efektivitas dengan analisis hasil belajar. Subjek uji coba produk terbatas pada penelitian pengembangan ini adalah kelas IV SD Tambahagung 02 yaitu 17 siswa. Sedangkan subjek ujicoba pemakaian skala luas dengan jumlah siswa 54 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 47 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar angket kebutuhan video pembelajaran, penilaian video pembelajaran, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis kebutuhan video pembelajaran, lembar validasi, dan analisis perolehan uji-t untuk mengetahui efektivitas video pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian adalah video pembelajaran tersebut telah dikembangkan menurut kebutuhan guru dan siswa dan telah divalidasi oleh beberapa ahli dengan jumlah skor validator 42, 25, 50 dari skor maksimal 52, 28 dan 56 kriteria skor valid dengan kategori sangat baik. Uji coba produk dilakukan melalui uji coba terbatas dan uji coba skala luas. Uji coba terbatas diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar dari pretest dan post test siswa ditunjukkan oleh nilai n-gain yaitu sebesar 0,696 kategori sedang. Hasil uji coba skala luas menununjukkan bahwa nilai signifikasi pre-test 0,559 > 0,05, artinya tidak ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara rata-rata skor pretest pada kelas kontrol dan eksperimen. Sedangkan hasil post-test nilai signifikasi 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara nilai post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan uji statistik tersebut disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran berbasis Quiz terbukti efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar materi energi alternatif siswa kelas IV sekolah dasar. Selanjutnya saran, guru diminta mengikuti pelatihan agar memahami dan menguasai pembuatan video pembelajaran terkini yang mendukung proses belajar mengajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Slamet Utomo, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Video Pembelajaran, Quiz dan hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 22:14
Last Modified: 01 Oct 2021 22:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15112

Actions (login required)

View Item View Item