MUYASSYAROH, ITTA (2021) Pengembangan media pembelajaran kanel Wani untuk meningkatkan pemahaman Konsep unsur-unsur lingkaran Di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (308kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (349kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (778kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (892kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (333kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep peserta didik terhadap unsur-unsur lingkaran pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut, berikut beberapa identifikasi masalah yang terdapat dalam penelitian ini, yaitu 1) Rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran, 2) Faktor – faktor negatif yang mempengaruhi rendahnya pemahaman konsep peserta didik, dan 3) Kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang bertujuan meningkatkan pemahaman konsep melalui pembelajaran yang menyenangkan. Desain penelitian ini menggunakan R&D dengan sampel yang dipilih adalah siswa kelas VI SDN 3 Tubanan dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran ceramah dan SDN 6 Tubanan dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media Kanel Wani. Efektivitas diukur melalui uji ketuntasan, uji peningkatan, uji banding hasil belajar, serta analisis aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain yang dikembangkan menghasilkan produk yang lebih besar ukurannya, lebih detail dalam menunjukkan unsur-unsur lingkaran, dan dilengkapi dengan buku panduan penggunaan media pembelajaran kanel wani. Hasil uji efektivitas menunjukkan siswa yang mendapat media pembelajaran kanel wani memiliki presentase ketuntasan mencapai 100%, n-gain berada dalam kategori tinggi, serta rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 89 dan lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 64. Skor rata-rata aktivitas siswa kelas ekperimen sebesar 93,75 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yakni 51,53. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran kanel wani efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa kelas VI SD di Kabupaten Jepara.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd, Pembimbing 2 Dr. Slamet Utomo, M.Pd. |
Kata Kunci: | media pembelajaran kanel wani, pemahaman konsep, unsur-unsur lingkaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 22:21 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 22:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15113 |
Actions (login required)
View Item |