Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap pencapaian mutu sekolah dasar di kecamatan bonang kabupaten demak

ZAENUDIN, MUHAMAD (2021) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap pencapaian mutu sekolah dasar di kecamatan bonang kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (255kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (478kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini (1) menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pencapaian mutu sekolah Dasar di Demak, (2) menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap terhadap pencapaian mutu sekolah Dasar di Demak, (3) menganalisis pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama terhadap pencapaian mutu sekolah Dasar di Demak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, subyek penelitian adalah guru sekolah dasar di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak dan sampel sebanyak 76 di Demak. Dengan tehnik sensus. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket. Teknik analisa data yang digunakan deskripsi data, uji prasyarat penelitian dan uji hipotesisi berupa uji korelasi, uji t, uji f dan uji determinasi. Adapun variabel yang diteliti adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru sebagai variabel bebas dan mutu sekolah sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukan 1) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu sekolah diperoleh nilai Fhitung sebesar 95,418 dan nilai Ftabel sebesar 3,968 maka Fhitung > Ftabel atau 95,418 ≥ 3,968. Besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu sekolah sebesar 56,7%. dengan nilai korelasi sebesar 0,75. 2) pengaruh kompetensi guru terhadap mutu sekolah. nilai Ftabel sebesar 3,968 maka Fhitung > Ftabel atau 41.311 ≥ 3,968 Besarnya pengaruh kompetensi guru terhadap mutu sekolah adalah 35% dengan nilai korelasi sebesar 0,599. 3) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap mutu sekolah nilai Fhitung sebesar 47,466 dan nilai Ftabel sebesar 3,120 maka Fhitung > Ftabel atau 47,466 ≥ 3,120 dan besarnya pengaruh pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap mutu sekolah adalah 55,3% dengan nilai korelasi sebesar 0, 752. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu Sekolah Dasar di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak 2) Terdapat pengaruh antara kompetensi guru terhadap mutu Sekolah Dasar di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak, 3) Terdapat pengaruh antara antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama terhadap mutu Sekolah Dasar di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Saran dari peneliti kepala sekolah hendaknya meningkatkan kemampuan sebagai pemimpin untuk mengelola sumber daya sekolah guna peningkatan mutu sekolah. Bagi guru hendaknya dapat meningkatkan kompetensinya agar pelaksanaan pembeajaran dapat maksimal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai guna peningkatan mutu sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Surachmi W, M. Pd Pembimbing 2 Dr. Slamet Utomo, M. Pd
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Guru, Mutu Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Oct 2021 21:16
Last Modified: 03 Oct 2021 21:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15143

Actions (login required)

View Item View Item