Peningkatan hasil belajar tema 4 berbagai pekerjaan menggunakan model pembelajaran open ended problems berbantuan media permainan ludo pada siswa kelas iv sd 1 mijen kudus

ANGGRAINI, MAY (2021) Peningkatan hasil belajar tema 4 berbagai pekerjaan menggunakan model pembelajaran open ended problems berbantuan media permainan ludo pada siswa kelas iv sd 1 mijen kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (868kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (552kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (523kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan siswa kelas IV SD 1 Mijen dengan menerapkan model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media permainan Ludo. Model pembelajaran open ended problems adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa menyelesaikan suatu permasalahan dengan berbagai cara. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Media permainan Ludo adalah media permainan yang diadopsi dari perminan ludo asal India yang sudah dimodifikasi oleh peneliti dengan menggunakan kartu soal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD 1 Mijen Kudus yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media permainan Ludo dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Mijen Kudus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar dan keterampilan mengajar guru. Hasil belajar aspek pengetahuan muatan IPS siklus I memperoleh skor rata-rata 73,19 dengan ketuntasan klasikal 58,33% dan muatan Bahasa Indonesia dengan skor rata-rata 75,41 dengan ketuntasan klasikal 55,5%. Pada siklus II meningkat untuk muatan IPS memperoleh skor rata-rata 78,61 dengan ketuntasan klasikal 83,3% dan muatan Bahasa Indonesia mendapat skor rata-rata 86,94 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,1%. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I memperoleh skor 613, 5 dengan persentase 71% dan meningkat pada siklus II menjadi 685,5 dengan persentase 79,3%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh skor 87,5 persentase 87,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 94 dengan persentase 94%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan model Open Ended Problems berbantuan permainan Ludo dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Mijen Kudus pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Drs. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd. M.A.
Kata Kunci: Hasil belajar, Open Ended Problems, Berbagai Pekerjaan, Media permainan Ludo.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 22:24
Last Modified: 04 Oct 2021 22:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15197

Actions (login required)

View Item View Item