Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas 5 sdit faidlurrahman kecamatan dawe kabupaten kudus

NIKMAWATI, NIKMAWATI (2021) Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas 5 sdit faidlurrahman kecamatan dawe kabupaten kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (898kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (406kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (453kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Gadget atau gawai merupakan salah satu piranti elektonik yang dipakai guna mencari informasi, media belajar, dan hiburan. Sementara itu hasil belajar merupakan suatu perubahan yang dialami seorang siswa yang meliputi intelektual, keterampilan, serta sikapnya dan mengkat menjadi lebih baik. Hasil belajar yang dicapai seorang siswa didukung pula dengan kesungguhannya dalam belajar. Anak mempunyai minat pada suatu hal yang kaitannya dengan belajar maka anak akan semaksimal mungkin meraih tujuannya daalam kegiatan belajar. Hal tersebut berarti bahwa dalam kegiatan belajar yang dilaksanakana di sekolah atau di rumah harus didasari keinginan dan kemauan siswa atau minat siswa terhadap suatu plajaran. Selaras dengan rumusan masalah, penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu mengetahui dampak atau pengaruh pemakaian gadget terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, selain itu juga bertujuan untuk memahami pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa kelas 5 SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskripsif dengan menerapkan metode non eksperimen. Sampel yang dipakai adalah Teknik Non Probabiliti Sampling dan memakai samplingl jenuh. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini terletak di SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa dan guru kelas 5 SDIT Faidlurrahman. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Penggunaan gadget tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. 2. Penggunaan gadget berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas V SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, M.Pd Pembimbing 2 Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Penggunaan Gadget, hasil belajar, minat belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 22:44
Last Modified: 04 Oct 2021 22:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15199

Actions (login required)

View Item View Item