Analisis karakter kedisiplinan belajar anak sd di masa Pembelajaran daring terhadap prestasi belajar

NISA, FITROTUN (2021) Analisis karakter kedisiplinan belajar anak sd di masa Pembelajaran daring terhadap prestasi belajar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (581kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis karakter kedisiplian belajar anak SD dimasa pembelajaran daring; (2) serta menganalisis faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar anak SD terhadap prestasi belajar di masa pembelajaran daring. Manfaat pada penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai karakter kedisiplinan belajar anak SD dimasa pembelajaran daring terhadap prestasi belajarnya. Penelitian ini berawal dari permasalahan di masa pembelajaran daring yaitu rendahnya karakter kedisiplinan belajar siswa di masa pembelajaran daring. Maka penelitian ini akan membahas tentang karakter kedisiplinan belajar siswa di masa pembelajaran daring dan faktor kedisiplinan belajar siswa SD terhadap prestasi belajar. Kedisiplinan belajar anak di masa daring ini sangat diperlukan karena kedisiplinan belajar adalah keadaan sikap atau perilaku yang sesuai dengan aturan untuk belajar sehingga dapat mencapai tujuan. Anak belajar di rumah dimasa pembelajaran daring ini diharapkan memperoleh prestasi belajar yang baik. Jika menginginkan prestasi belajar yang baik harus mempunyai karakter disiplin belajar yang baik pula. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus sebagai tahapan penelitian. Subyek penelitian adalah siswa yang memiliki karakter kedisiplinan belajar dan siswa yang tidak disiplin belajar di masa daring, orang tua siswa yang dikategorikan berdasarkan latar belakang pendidikan dan pekerjaan serta guru kelas V SDN 2 Muryolobo. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini keabsahan data menggunakan cara triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki karakter kedisiplinan belajar dan yang tidak disiplin belajar di masa daring memiliki faktor internal dan eksternal yang berbeda dalam meningkatkan kedisiplinan belajarnya. Minat untuk terus belajar dan patuh terhadap peraturan merupakan faktor internal yang harus dimiliki siswa. Orang tua siswa sebagai faktor eksternal selain guru kelas. Latar belakang pendidikan orang tua juga berpengaruh bagi kemampuan yang dimiliki siswa. Sedangkan pekerjaan orang tua baik pekerja PNS atau buruh sama sama memiliki andil dalam memberikan dukungan dan dorongan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di masa pembelajaran daring. Dari 6 siswa, 3 siswa tingkat kedisiplinan belajar dan prestasi belajarnya sesuai sedangkan 3 siswa lagi tingkat kedisiplinan belajar dan prestasinya kurang sesuai. Tingkat kesesuaian antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa pada kategori belum maksimal. Kedisiplinan belajar mempengaruhi pada prestasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain seperti minat, bakat, kecerdasan dan motivasi tetapi juga metode pembelajaran dan dukungan dari orang tua juga dibutuhkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. Pembimbing 2. Deka Setiawan, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Karakter Kedisiplinan Belajar, Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 22:53
Last Modified: 04 Oct 2021 22:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15201

Actions (login required)

View Item View Item