ULFAH, ULFAH (2021) Pengaruh model pembelajaran jigsaw dan student teams achievement divisions (stad) terhadap hasil belajar ipa materi energi listrik siswa kelas vi Sd negeri kecamatan dempet. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (236kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (893kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (291kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar IPA materi energi listrik, 2) menganalisis pengaruh Student Teams Achievement Divisions berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi energi listrik, 3) menjelaskan perbedaan pengaruh model pembelajaran Jigsaw dengan student teams achievement divisions terhadap hasil belajar IPA materi energi listrik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design karena pada disain ini ada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dan pada kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Pada kedua kelas diberikan materi yang sama untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes baik pretest maupun posttest. Kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Jigsaw di Sekolah Dasar Negeri Kuwu 1, kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Sekolah Dasar Negeri Dempet 4 dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional di Sekolah Dasar Negeri Kedungori 1. Instrumen penelitian menggunakan observasi, angket dan soal pre-test dan post-test. Analisis penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji pembeda dan indeks gain. Hasil penelitian ini bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa berdasarkan nilai Sig 0.000 < 0.05, atau t-hitung 9,248 > t-tabel 2,063. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPA siswa berdasarkan nilai Sig. 0.000 < 0.05 atau t- hitung 16,428 > t-tabel 2,05183. 3) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar antara model pembelajaran jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPA materi energi listrik siswa kelas VI SD berdasarkan paired samples test dimana model pembelajaran STAD lebih besar pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA materi energi listrik yaitu 26,22 dibanding metode pembelajaran jigsaw yang memiliki besar pengaruh 21,72.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Erik Aditia Ismaya, MA. |
Kata Kunci: | Jigsaw., Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan hasil belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 22:58 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 22:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15202 |
Actions (login required)
View Item |