MURTINI, SRI (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar siswa kelas v mata pelajaran ipa perpindahan kalor di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (787kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (231kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (227kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA perpindahan kalor di Sekolah Dasar. Menganalisis pengaruh Teams Games Tournament terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA perpindahan kalor di Sekolah Dasar dan menjelaskan adanya perbedaan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA perpindahan kalor di Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Dalam Penelitian kelas eksperimen 1 adalah kelas V SD Negeri Kuwu 1 dengan menggunakan metode Snowball Throwing dan yang menjadi kelas eksperimen 2 adalah peserta didik kelas V SD Negeri Dempet 4 dengan model pembelajaran team games tournament serta yang menjadi kelas kontrol adalah kelas V SD Negeri Kedungori 1 dengan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner angket dan tes (pretest maupun posttest). Analisis penelitian eksperimen ini menggunakan analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji pembeda, indeks gain. Hasil penelitian 1) terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar IPA materi perpindahan kalor kelas V SD Negeri Kuwu 1 Dempet Demak, berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, atau t-hitung 9,657 > t-tabel 2,06390. Adapun besar pengaruh adalah 15,80. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA materi perpindahan kalor kelas V SD Negeri Dempet 4 Dempet Demak berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 11,932 > t-tabel 2,05183 adapun besar pengaruh yang diberikan adalah sebesar 23,99. 3) Terjadi perbedaan pengaruh antara model pembelajaran snowball throwing dan team games tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi perpindahan kalor kelas V di Sekolah Dasar. Diketahui bahwa kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) peningkatan hasil belajar lebih tinggi dari pada kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. oembimbing 2 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Snowball Throwing, team games tournament dan hasil belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 23:07 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 23:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15204 |
Actions (login required)
View Item |