Dampak penggunaan gawai pada karakter peduli sosial anak di desa rejosari

LAILY, DIAN NURUL (2021) Dampak penggunaan gawai pada karakter peduli sosial anak di desa rejosari. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (355kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pola penggunaan gawai pada anak usia10 tahun di Desa Rejosari (2) Untuk mendiskripsikan dan memperoleh data dampak penggunaan gawai pada karakter peduli sosial anak di Desa Rejosari. Gawai merupakan teknologi komunikasi yang dari waktu ke waktu mengalami perkembangan baik fitur dan bentuknya. Penggunaan gawai memiliki peran penting dalam mempermudah aktivitas seseorang tetapi gawai juga dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Penggunaan gawai pada anak-anak cenderung sebagai sarana hiburan seperti game online dan bersosial media. Hal ini membuat anak-anak menjadi kecanduan dan tidak fokus pada keadaan sekitar, sehingga dapat menyebabkan menurunnya karakter peduli sosial pada diri anak. Karakter peduli sosial merupakan suatu sikap seseorang terhadap lingkungan sekitar yang tidak hanya perasaan saja tetapi juga adanya kemauan dan tindakan untuk membantu orang yang membutuhkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua dan anak usia sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan data pendukung lainya. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola penggunaan gawai pada anak usia 10 tahun di Desa Rejosari terkait Aplikasi yang sering digunakan yakni game online seperti PUBG, dan sosial media instagram, serta youtube. Intensitas penggunaan gawai tinggi mencapai 6-9 jam perhari. Kemudian lokasi penggunaan gawai anak berada dimana saja tidak mengenal tempat dan tidak memiliki tempat terkhusus dalam menggunakan gawai. Berdasarkan hasi penelitian terdapat dampak positif dan dampak negatif penggunaan gawai pada karakter pedul sosial anak. Dampak positif penggunaan gawai pada anak usia 10 tahun di Desa Rejosari yakni menambah teman, mempermudah komunikasi, dan menambah pengetahuan. Sedangkan dampak negatif penggunaan gawai pada karakter peduli sosial anak yakni anak menjadi kecanduan yang mengakibatkan malas dan menunda nunda perintah, individualis, tidak dapat melakukan bertegur sapa dan sopan santun, tidak dapat merespon dengan baik ketika sedang diajak berbicara, kurang memiliki rasa peduli dan tidak dapat melakukan kerjasama serta gotong royong.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Imaniar Purbasari, M.Pd Pembimbing 2. Henry Suryo Bintoro, M.Pd
Kata Kunci: Gawai, Karakter Peduli Sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 23:09
Last Modified: 04 Oct 2021 23:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15205

Actions (login required)

View Item View Item