Upaya orang tua dalam menumbuhkan karakter religius anak selama pandemi covid 19

SABRINA, UNSA (2021) Upaya orang tua dalam menumbuhkan karakter religius anak selama pandemi covid 19. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (991kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (459kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (563kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya pemerintah dalam penguatan pembentukan karakter anak. Salah satu nilai pendidikan karakter yang menjadi prioritas adalah pendidikan karakter religius. Pendidikan karakter religius menjadi tanggung jawab guru di sekolah dan orang tua di rumah. Terlebih pada masa pandemi covid 19 yang pembelajarannya dilakukan secara daring. Keadaan tersebut menjadi dasar dari penelitian mengenai bagaimana peran orang tua serta kendala dalam pembentukan karakter religius selama pembelajaran pandemi covid 19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua serta kendala dalam pembentukan karakter religius selama pandemi covid 19. Pendidikan karakter religius merupakan salah satu nilai pendidikan karakter yang menjadikan agama sebagai prinsip dalam perilaku. Pendidikan karakter religius tidak terlepas dari peran guru dan orang tua. Guru berperan membentuk karakter religius anak di sekolah sedangkan orang tua berperan mendukung nilai-nilai yang telah di tanamkan oleh guru. Pada masa pandemi covid 19 pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring merupakan bentuk pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dan akses jaringan internet sebagai perantara antara guru dan anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini yakni orang tua dan anak usia SD di Desa Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumentasi, catatan, dan sumber referensi.Teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yang mengacu pada konsep dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan karakter religius anak selama pandemi covid 19 menurun. Banyak kegiatan yang biasa dilakukan oleh anak di sekolah tidak dilakukan anak selama di rumah. Biasanya ketika di sekolah anak dipantau langsung oleh guru, sementara ketika di rumah pengawasan orang tua mengenai kegiatan religius anak kurang ditekankan. Hal ini disebabkan karena kesibukan orang tua dalam bekerja, kurangnya pengetahuan orang tua dalam mendidik anak, serta tidak adanya koordinasi antara orang tua dan guru. Kesimpulan dalam penelitian ini upaya yang orang tua lakukan dalam menerapkan karakter religius anak diantaranya memberikan nasehat, memberikan teladan, dan memberikan hadiah kepada anak. Akan tetapi tidak semua orang tua mengupayakan hal tersebut. Sehingga diperlukan kesadaran orang tua mengenai pentingnya karakter religius dan diperlukan pula adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dwi Ardianti, S.Pd.,M.Pd Pembimbing 2. Diana Ermawati, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Karakter Religius, Orang Tua, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 23:32
Last Modified: 04 Oct 2021 23:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15210

Actions (login required)

View Item View Item