Penerapan metode collective painting untuk Menumbuhkan kreativitas seni pada anak Di desa mayongkidul jepara

HARIYANI, TRI INDAH (2021) Penerapan metode collective painting untuk Menumbuhkan kreativitas seni pada anak Di desa mayongkidul jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (588kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (139kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Metode pembelajaran seni rupa yang masih monoton membuat anak di Desa Mayongkidul Jepara merasa cepat bosan dan jenuh apabila hanya mengamati objek di lingkungan sebagai inspirasi menggambar, sehingga hasil karya anak menjadi kurang sesuai dengan yang diharapkan. Penerapan metode collective painting bisa dijadikan variasi metode untuk menumbuhkan kreativitas anak dalam mengekspresikan diri. Dengan menerapkan metode collective painting ini diharapkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berkarya dan seberapa berpengaruhnya metode collective painting untuk menumbuhkan kreativitas seni pada anak di Desa Mayongkidul Jepara. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian Gabungan (Mixed Methods Research) merupakan suatu metode penelitian yang menggabungkan antara dua metode penelitian sekaligus, yakni kualitatif dan kuantitatif. Desain pada penelitian ini berupa Sequential Exploratori. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling berupa sampling insidental dalam menentukan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi untuk data kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif berupa kuesioner dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di desa Mayongkidul Jepara. Variabel bebas dala penelitian ini adalah penerapan metode collective painting, sedangkan variabel terikatnya adalah menumbuhkan kreativitas seni. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Rancangan analisis data yang telah dilakukan pada data kualitatif yaitu dengan cara pengumpulan data, penyajian, transformasi, korelasi, konsolidasi, perbandingan dan kesimpulan data. Pada penelitian ini menerapkan analisis statistik yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan uji reliabilitas instrument menggunakan rumus Spearman and Brown. Hasil penelitian mendapatkan bahwa (1) adanya aspek kreativitas yang tertuangkan selama proses penelitian berlangsung. Aspek tersebut berupa kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). (2) adanya pengaruh dari penerapan metode collective painting untuk menumbuhkan kreativitas seni pada anak di desa Mayongkidul Jepara. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata rekapitulasi penilaian kreativitas menggambar sebesar 94%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode collective painting berpengaruh untuk menumbuhkan kreativitas seni pada anak di desa Mayongkidul Jepara, dengan hasil ini bisa dijadikan referensi oleh pendidik maupun non-pendidik dalam menumbuhkan krativitas anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2. Mila Roysa, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Elaborasi, Kolaborasi, Collective Painting.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 23:52
Last Modified: 04 Oct 2021 23:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item View Item