Strategi peningkatan penerimaan peserta didik dan mutu pendidikan melalui peran komite sekolah dan guru di sd negeri kedungwaru lor Kecamatan karanganyar kabupaten demak

SUGIYARSIH, ENDANG (2021) Strategi peningkatan penerimaan peserta didik dan mutu pendidikan melalui peran komite sekolah dan guru di sd negeri kedungwaru lor Kecamatan karanganyar kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (694kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (202kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (189kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendiskripsikan guru dan komite sekolah dalam peningkatan penerimaan peserta didik dan kualitas Pendidikan di SDN Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, 2) untuk mendiskripsikan faktor pendorong peran komite sekolah dalam meningkatkan penerimaan peserta didik dan Mutu Pendidikan di SDN Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, 3) untuk menemukan faktor pendorong peran komite dan guru dalam meningkatkan penerimaan peserta didik dan Mutu Pendidikan di SDN Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Metode penelitian ini adalah kualitatif pendekatan deskripsi (menggambarkan obyek penelitian lapangan). Data yang dikumpulkan data empiris di lapangan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan teori milles and huberman meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, verifikasi data. Adapun uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah pertama: peran komite sekolah dalam meningkatkan penerimaan peserta didik dan Mutu Pendidikan di SD Negeri Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak meliputi 1) menjadi penghubung komunikasi antara sekolah dengan masyarakat, 2) menjadi penjelas program program unggulan sekolah kepada masyarakat, 3) ikut serta dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam menyekolahkan anaknya, 4) pengawasan eksternal terhadap manajemen sekolah. Adapun peran guru adalah 1) sebagai panitia PPDB (Panitia Peserta Didik Baru), 2) Mendukung program porgram unggulan sebagai upaya peningkatan kualitas mutu, 3) Meningkatkan kualitas pembelajaran. Kedua: faktor pendorong peran komite sekolah dalam meningkatkan penerimaan peserta didik dan Mutu Pendidikan di SD Negeri Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak adalah 1) hubungan yang harmonis komite dengan sekolah, 2) sumber daya manusia pada komite sekolah sebagai tokoh dan kyai di masyarakat, 3) kerjasama kolektif yang baik di dalam komite sekolah. Ketiga: faktor pendorong peran guru dalam meningkatkan penerimaan peserta didik dan Mutu Pendidikan di SD Negeri Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak adalah 1) kepemimpinan kepala sekolah yang partisipatif, 2) koordinasi dan komunikasi antar guru, 3) motivasi kerja guru dan 4) kedekatan personal diantara guru dan stakeholder sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 4. Dr. Sukirman,S.Pd., SH., MM.,
Kata Kunci: peran komite sekolah dan guru dalam penerimaan peserta didik dan Mutu Pendidikan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Oct 2021 19:36
Last Modified: 05 Oct 2021 19:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15215

Actions (login required)

View Item View Item