Pengembangan e-media (nearpod) pada pembelajaran Tema peristiwa dalam kehidupan melalui model discovery Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Dan kemandirian belajar pada siswa Sekolah dasar

SUSANTO, TRI ADI (2021) Pengembangan e-media (nearpod) pada pembelajaran Tema peristiwa dalam kehidupan melalui model discovery Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Dan kemandirian belajar pada siswa Sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (392kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (173kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (224kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan lpengembangan lE-Media l(Nearpod) lpada lpembelajaran ltema lperistiwa ldalam lkehidupan lmelalui lModel lDiscovery luntuk lmeningkatkan lkemampuan lberpikir lkritis ldan lkemandirian lsiswa ldalam lbelajar; l(2) lmenganalisis lkelayakan lpengembangan lE-Media l(Nearpod) lpada lpembelajaran ltema lperistiwa ldalam lkehidupan lmelalui lmelalui lModel lDiscovery luntuk lmeningkatkan lkemampuan lberpikir lkritis ldan lkemandirian lsiswa ldalam lbelajar; dan, (3) menganalisis efektivitas penggunaan pengembangan E-Media (Nearpod) pada pembelajaran tema peristiwa dalam kehidupan melalui melalui Model Discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian siswa dalam belajar. Spesifikasi produk yang dikembangkan adalah bahan belajar dan evaluasi pembelajaran melalui E-Media (Nearpod). Penelitian lini lmenggunakan lmetode lpenelitian lResearh land lDepelopment lmengacu lpada ltahapan ldari Borg and Gall. Produk diuji kelayakannnya oleh ahli materi dan ahli media. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas V SD se-Desa Jatiharjo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, lobservasi, lwawancara, ldan langket. l lAnalisis lyang ldigunakan ldalam lpenelitian lini ladalah lanalisis lkuantitatif ldan lkualitatif, lmeliputi lkemampuan lberpikir lkritis ldan lkemandirian lbelajar, lobservasi lpembelajaran, ldan lvalidasi lproduk lE-Media l(Nearpod). Pengembangan E-Media (Nearpod) ini berisi tentang kebutuhan E-media (nearpod) yang didalamnya mencakup bahan ajar mengenai pembelajaran secara terperinci dengan langkah-langkah model discovery dan dilegkapi evaluasi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut selanjutnya dilakukanlah pengembangan E-Media (Nearpod) melalui Model Discovery. Hasil pengembangan produk tersebut selanjutnya divalidasi lmateri ldan lmemperoleh lnilai l85% lkategori l lsangat lvalid ldan llayak ldengan lrevisi, lsedangkan lsecara lmedia lmemperoleh lnilai l84% lkategori lsangat lvalid ldan llayak. lRevisi ldi lbeberapa lbagian lsesuai lsaran ldari lvalidator. lSelanjutnya hasil pengembangan diterapkan pada kelas eksperimen untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, diperoleh N-gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang, sedangkan dari uji t diperoleh hasil thitung sebesar -6,38913. Dalam ttabel dengan df 65 dengan taraf signifikan α (0,05) didapatkan nilai -1,66864. Dengan hasil -thitung < -ttabel, maka diperoleh lhasil lbahwa lpenerapan lE-media l(nearpod) lpada lpembelajaran ltema lperistiwa ldalam lkehidupan lmelalui lmelalui lmodel ldiscovery lefektif ldalam lmeningkatkan lkemampuan lberpikir lkritis lsiswa. lHasil luji lefektivitas lproduk ldalam lmeningkatkan lkemandirian lbelajar lsiswa, ldiperoleh lN-gain lsebesar l0,32 ldengan lkategori lsedang, lsedangkan ldari luji lt ldiperoleh lhasil lthitung lsebesar l-11,18652. Dalam ttabel dengan df 65 dengan taraf signifikan α (0,05) didapatkan nilai -1,66864. Dengan hasil -thitung < -ttabel, maka diperoleh hasil terdapat perbedaan yang lsignifikan lantara lrata-rata lkemandirian lbelajar lkelas lkontrol ldan lkemandirian lbelajar lkelas leksperimen lsehingga lpenerapan lE-media l(nearpod) lpada lpembelajaran ltema lperistiwa ldalam lkehidupan lmelalui lmodel Discovery lefektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Rismiyanto, M.Pd.
Kata Kunci: lpengembangan, le-media l(nearpod), lmodel ldiscovery, lkemampuan lberpikir lkritis, lkemandirian lbelajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Oct 2021 19:42
Last Modified: 05 Oct 2021 19:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15218

Actions (login required)

View Item View Item