Efektivitas model pembelajaran think pair share dan realistic mathematic education terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sd di gugus yos sudarso Kecamatan pulokulon

SUSANTI, PUDJI (2021) Efektivitas model pembelajaran think pair share dan realistic mathematic education terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sd di gugus yos sudarso Kecamatan pulokulon. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (253kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (737kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan efektifitas penerapan model Think Pair Share dibandingkan dengan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar kelas IV SD di Gugus Yos Sudarso Kecamatan Pulokulon, 2) menemukan efektifitas penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar kelas IV SD di Gugus Yos Sudarso Kecamatan Pulokulon, 3) menemukan efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dibandingkan dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar kelas IV sekolah dasar Gugus Yos Sudarso Kecamatan Pulokulon. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan model kuantitatif. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian semua siswa kelas IV SDN 2 Mangunrejo dan SDN 2 Jetaksari sebagai kelas Eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol yaitu Kelas IV SDN 1 Pulokulon. Kelompok eksperimen 1 pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS), kelompok eksperimen 2 pembelajaran dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education, dan kelompok kontrol dengan pembelajaran langsung atau pembelajaran seperti biasanya. Instrumen penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa daripada model pembelajaran langsung di kelas IV SD di Gugus Yos Sudarso Kecamatan Pulokulon. Dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05. 2) model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar daripada model pembelajaran langsung di kelas IV SD di Gugus Yos Sudarso Kecamatan Pulokulon berdasarkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 dengan taraf signifikansi 0,05, maka nilai 0,00 < 0,05. 3) model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar daripada model pembelajaran Think Pair Share di kelas IV SD di Gugus Yos Sudarso Kecamatan Pulokulon. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,009 dengan signifikansi 0,05, maka nilai 0,009 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi bangun datar di kelas IV meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share dan Realistic Mathematics Education.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Slamet Utomo, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Sumaji, M.Pd.
Kata Kunci: Think Pair Share, Realistic Mathematic Education, Kemampuan berpikir kritis, bangun datar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Oct 2021 19:54
Last Modified: 05 Oct 2021 19:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15221

Actions (login required)

View Item View Item