Pengaruh model pembelajaran realistic mathematic education dan student team achievement division terhadap hasil belajar matematika materi debit Kelas v di sekolah dasar

SETYAWATI, ENDANG (2021) Pengaruh model pembelajaran realistic mathematic education dan student team achievement division terhadap hasil belajar matematika materi debit Kelas v di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (932kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (366kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Mata pelajaran matematika pada materi Debit kelas V menjadi materi yang sulit dan membutuhkan model pembelajaran yang lebih inovatif. Oleh karena itu perlu dilakukan ujicoba model pembelajaran Realistic Mathematic Education dan Student Team Achievement Division, sehingga bisa diketahui model pembelajaran mana yang lebih efektif dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran RME dan STAD terhadap hasil belajar matematika materi Debit pada siswa kelas V di Sekolah Dasar, menemukan perbedaan pengaruh model pembelajaran RME dan STAD terhadap hasil belajar matematika materi debit siswa kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini jenis quasy eksperimen dengan tujuan melakukan uji coba terhadap dua model pembelajaran RME dan model pembelajaran STAD. Penggalian data menggunakan pre-test dan pos-test. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji kesaman rata-rata, uji pembeda. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar Matematika materi debit kelas V SD Negeri Singorejo Demak.(2) terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar Matematika materi debit kelas V SD Negeri Bintoro 16 Demak. (3) Model pembelajaran RME dapat digunakan dari pada model pembelajaran STAD pada materi Debit Kelas V Di Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Rismiyanto, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Murtono,M.Pd.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Student Teams Achievement Divisions, Hasil belajar Matematika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Oct 2021 20:12
Last Modified: 05 Oct 2021 20:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15230

Actions (login required)

View Item View Item