Pengembangan bahan ajar digital berbasis microsoft sway untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar

MUFLIKATUN, MUFLIKATUN (2021) Pengembangan bahan ajar digital berbasis microsoft sway untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (751kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (285kB)
[thumbnail of Bab 2Bab 1] Text (Bab 2Bab 1)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dilakukan penelitian adalah: (1) Membuat desain model bahan ajar digital berbasis Microsoft Sway untuk meningkatkan literasi sains siswa Sekolah Dasar (2) Menentukan kelayakan bahan ajar digital berbasis Microsoft Sway, (3) Menerapkan bahan ajar digital berbasis Microsoft Sway,(4) mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar digital berbasis Micrososft Sway untuk meningkatkan literasi sains siswa Sekolah Dasar Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain pengembangan diselaraskan dengan Borg and Gall Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah guru kelas IV dan siswa kelas IV semester 2 tahun ajaran 2020/2021 di SDN Katonsari 1, SDN Karangmlati 1, SDN Bintoro 9, dan SDN Bolo. Teknik pengumpulan data meliputi (1) wawancara (2) angket (3) tes, dan (4) dokkumentasi. Hasil akhir penelitian ini ialah didapatkan ialah bahan ajar digital berbasis Microsft Sway yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa Sekolah Dasar. Bahan ajar yang dikembangkan berupa tautan (link) dan buku panduan penggunaan bahan ajar berbasis Microsoft Sway yang didalamnya memuat topik air dengan subtopik yang berbeda – beda dan disesuaikan dengan muatan domain literasi sains. Bahan ajar digital berbasis Microsft Sway ini dari uji kevalidan termasuk kategori valid, dengan presentase rata-rata 85%, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan uji gain terdapat signifikansi (0,3 ≤ N-gain < 0,7), dengan uji normalisasi menunjukkan bahwa tingkat signifikansi dengan taraf 5% atau P<0,05 dan data berdistribusi normal, melalui uji homogenitas terdapat nilai signifikansi uji homogenitas pretest-posttest dengan skor > 0,05 , uji hipotesis menunjukkan hasil posttest lebih tingi daripada pretest, hasil respon guru dan siswa 85% menyatakan tertarik dengan bahan ajar,sehingga bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Santoso, M. Pd, Pembimbing 2 Dr. Erik Aditia ismaya, M. A.
Kata Kunci: bahan ajar digital, literasi sains, Microsoft Sway
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Oct 2021 20:16
Last Modified: 05 Oct 2021 20:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15231

Actions (login required)

View Item View Item