Pengembangan model pelatihan pembelajaran Daring guru di gugus mina indah kecamatan wedung

ROZAK, ABDUR (2021) Pengembangan model pelatihan pembelajaran Daring guru di gugus mina indah kecamatan wedung. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (339kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (232kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (318kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian pengembangan ini dibuat dengan tujuan untuk (1) Mengetahui model pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan guru di gugus mina indah (2) Mengembangkan model pelatihan pembelajaran daring guru berbasis aplikasi Zoom.di gugus mina indah(3) Mengetahui efektifitas model pelatihan pembelajaran daring guru berbasis aplikasi Zoom di gugus mina indah . Metode Penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall yaitu model penelitian dan pengembangan( R&D). Pengembangan desain perangkat pelatihan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Analisys, Desaign, Development, Implementation, Evaluation.Dengan model prosedural, yaitu dengan menggunakan model yang bersifat deskriptif, serta langkah-langkah kerja yang harus diikuti yang kemudian menghasilkan sebuah produk.Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh tim ahli,penilaian perangkat / modul pelatihan dilakukan oleh reviewer yang meliputi penilaian modul dan simulator penerapan model pelatihan,Pada tahap implementasi kegiatan pelatihan ini diberikan kepada guru sekolah dasar di gugus mina indah dengan jumlah peserta 9 orang,kemudian dilakukan evaluasi agar dapat mengetahui respon peserta terhadap model pelatihan yang telah dikembangkan yaitu model pelatihan guru berbasis aplikasi Zoom. Kualitas simulator pelatihan pembelajaran daring guru berbasis aplikasi Zoom secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat baik(SB) dengan presentasi 82,7%.Kualitas buku panduan/modul pelatihan termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 84,5%. Untuk kualitas model pelatihan pembelajaran daring guru berbasis aplikasi Zoom yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik (B) dengan presentasi 82,9%. Hasil dari penelitian ini adalah model pelatihan pembelajaran daring guru berbasis aplikasi Zoom yang memuat tentang materi cara pemrograman Zoom sebagai media pembelajaran daring guru dan modul pelatihan pembelajaran daring berbasis aplikasi Zoom. Model pelatihan pembelajaran daring guru berbasis aplikasi Zoom masih perlu dilakukan pengembangan dalam ruang lingkup yang lebih luas supaya dapat disempurnakan dan layak menjadi model pelatihan yang siap digunakan dalam penerapan pembelajaran daring guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Slamet Utomo, M.Pd., pembimbing 2 Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: : Penelitian pengembangan, Model Pelatihan, Zoom, Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Oct 2021 20:20
Last Modified: 05 Oct 2021 20:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15233

Actions (login required)

View Item View Item