Sistem informasi pengelolaan data pasien rawat jalan berbasis web pada klinik prima medika jepara dengan notifikasi whatsapp

Indah Wulandari, Melania (2021) Sistem informasi pengelolaan data pasien rawat jalan berbasis web pada klinik prima medika jepara dengan notifikasi whatsapp. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (600kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (346kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy

Abstrak

Tuntutan dalam pengelolaan dan pelayanan informasi merupakan salah satu hal yang penting pada setiap lembaga, termasuk juga Klinik Prima Medika yang merupakan salah satu fasilitas kesehatan publik kecil yang terdapat diwilayah Jepara, lebih tepatnya pada Desa Belimbing Rejo RT 01 RW 03, Nalumsari, Jepara. Dari proses pendaftaran pasien hingga proses biaya administrasi petugas masih menggunakan cara manual yaitu dengan dicatat dalam sebuah media buku yang selanjutnya akan diarsipkan kedalam box file yang kelak akan disimpan kedalam lemari arsip. Dan tentu saja hal tersebut dapat menghambat kerja petugas klinik yang juga menyebabkan terhambatnya penanganan penyembuhan pada pasien. Pada sistem ini, pasien dapat melaksanakan pendaftaran secara online sehingga pasien tidak perlu mendaftar langsung ke Klinik dan sistem akan memberikan nomor antrean sehingga pasien tidak perlu menunggu antrean terlalu lama di klinik. Sistem ini juga dapat memberikan notifikasi bagi pasien penderita penyakit kronis untuk melakukan pemeriksaan rutin melalui whatsapp dan membantu petugas yang ada pada klinik untuk mempercepat kinerja seperti penyimpanan dan pengecekan data pasien, data rekam medis dan data biaya agar lebih mudah dan efisien. Perhitungan pembayaran pun dapat dijumlah dengan mudah tanpa menggunakan kalkulator ataupun handphone. Penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan metode observasi, wawancara serta memanfaatkan teori-teori yang telah diperoleh selama perkuliahan dan teori dari buku-buku penunjang. Metode pengembangan sistem yang dimanfaatkan adalah metode Waterfall dan perancangan sistem informasi menggunakan adalah Flow of Document (FOD) dan Unified Modelling Language (UML) yang diharap mampu menciptakan sistem baru yang lebih baik dan mengatasi persoalan yang terdapat pada Klinik Prima Medika Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Anteng Widodo, ST., M.Kom., MTA pembimbing 2 :R. Rhoedy Setiawan, S.Kom., M.Kom.,MTA
Kata Kunci: Sistem Informasi, Pasien, Rawat Jalan, Klinik, Whatsapp.
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Komunikasi informasi teknik
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 00:44
Last Modified: 06 Oct 2021 00:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15243

Actions (login required)

View Item View Item