GALIH LARASATI, NIMAS (2021) Penerapan solution focus brief counseling Untuk mengatasi kecemasan akademik Daring di sma n 1 jakenan. Sarjana thesis, UMK.
Text (hal judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (574kB) |
|
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (256kB) |
|
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Menemukan facktor-faktor penyebab kecemasan akademik selama pembelajaran daring pada siswa Kelas XI SMA N 1 Jakenan, 2. Mengatasi kecemasan akademik melalui layanan Solution Focus Brief Counseling pada siswa Kelas XI SMA N 1 Jakenan. Kecemasan akademik merupakan salah satu benuk state anxiety yang berhubungan dengan lingkungan akademik, seperti sekolah, guru, mata pelajaran, ujian dan sebagainya. Kecemasan akademik ditandai dengan perasaan gelisah, panik, sering telat dan tidak mengerjakan tugas, sering tidak mengikuti proses belajar mengajar, keluar keringat dingin, merasa tertekan, tegang serta tidak fokus. Jika permasalahan tersebut tidak ditangani dengan tepat akan menghambat prestasi belajar peserta didik, maka dari itu peneliti menggunakan Solution Focus Brief Counseling guna mengatasi permasalahan kecemasan akademik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus dengan metode penelitian kualitatif. Subyek yang diteliti sebanyak 2 siswa kelas XI SMA N 1 Jakenan yang mengalami kecemasan akademik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yaitu permasalahan siswa yang mengalami kecemasan akademik. Metode analisis yang digunakan peneliti adalah metode analisis induksi bacon yang dimana analisis tersebut akan menjadi acuan dalam menganalisis dan penelitian. Hasil penelitian diketahui bahwa peneliti dalam pelaksanaan konseling individual menggunakan pendekatan Soluton Focus Brief Counseling dapat mengatasi kecemasan akademik selama pembelajaran daring, terbukti dari perubahan perilaku oleh konseli selama pembelajaran daring. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan akademk selama pembelajaran daring pada siswa Kelas XI SMA N 1 Jakenan berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal disebabkan dari perasaan khawatir yang berlebihan dan ketidaksiapan menghadapi pembelajaran daring. Sedangkan faktor eksternal disebabkan dari tuntutan dari orang tua, keadaan lingkungan yang dapat mengganggu konsentrasi dan fasilitas yang tidak menunjang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Indah Lestari, S.Pd., M.Pd., Kons pembimbing 2 : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kond |
Kata Kunci: | Solution Focus Brief Counseling, Kecemasan Akademik, Pembelajaran Daring, Konseling Individual |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 18:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 18:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15245 |
Actions (login required)
View Item |