Students’ perception on english song for vocabulary enrichment

PUJI LESTARI, DIAN (2021) Students’ perception on english song for vocabulary enrichment. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
hal judull.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
chapter 1.pdf - Published Version

Download (557kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
chapter 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
chapter 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
chapter 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
chapter 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] Text (bab 6)
chapter 6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (647kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pengayaan kosakata adalah salah satu kegiatan terpenting bagi pembelajar bahasa Inggris. Pengayaan kosakata menentukan kompetensi komunikatif. Di era global ini, orang terbiasa dengan sesuatu yang mereka lihat sehari-hari atau lakukan sehari-hari dengan mudah. Lagu adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri untuk terlibat dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Lagu dapat didengarkan kapan dan dimana saja. Apalagi masih banyak mahasiswa yang memiliki kebiasaan mendengarkan lagu. Mendengarkan lirik lagu beberapa kali dapat memperkaya kosakata dan pengetahuan mahasiswa. Berdasarkan penjelasan di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang lagu berbahasa Inggris untuk pengayaan kosakata dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang peran lagu bahasa Inggris untuk pemahaman mereka tentang makna kosakata di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muria Kudus pada tahun ajaran 2020/2021. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dalam studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang lagu bahasa Inggris untuk pengayaan kosakata dan wawancara untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang peran lagu bahasa Inggris terhadap pemahaman mereka tentang makna kosakata. Kemudian peneliti menganalisis angket dengan menghitung persentase dan skor dari setiap item, kemudian peneliti menginterpretasikan hasilnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif tentang penggunaan lagu bahasa Inggris untuk pengayaan kosakata mereka. Persepsi mahasiswa yang positif tentang mendengarkan lagu bahasa Inggris membuat mereka tahu bahasa yang sebenarnya digunakan dalam kehidupan nyata. Di akhir penelitian ini, peneliti menyarankan agar mahasiswa memperkaya kosakata mereka dengan banyak mendengarkan musik bahasa Inggris atau belajar sendiri. Selain itu, mereka sangat tertarik menggunakan media sosial, jadi ini juga dapat membantu mereka untuk belajar bahasa Inggris. Youtube, Tik Tok, Instagram, dll dapat menjadi media belajar mereka, sehingga mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan dengan bahasa Inggris untuk dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Sedangkan dosen dapat mempertimbangkan untuk lebih banyak menggunakan lagu berbahasa Inggris untuk mendukung perkembangan bahasa Inggris mahasiswa. Sehingga suasana belajar bisa lebih menyenangkan dan menyenangkan baik bagi mahasiswa maupun dosen.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 : Drs. Muh Syafei, M.p.,As pembimbing 2 : Nuraengsingsih , Spd.,M.pd
Kata Kunci: persepsi mahasiswa; pengayaan kosa-kata; lagu-lagu Bahasa Inggris.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 19:26
Last Modified: 06 Oct 2021 19:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15253

Actions (login required)

View Item View Item