Analisis dampak pembelajaran daring bagi siswa sd 1 barongan kudus

DEWI, SHINTIA PUSPITA (2021) Analisis dampak pembelajaran daring bagi siswa sd 1 barongan kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (580kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (137kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (180kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pendidikan dimasa pandemi covid-19, fokus dari penelitian ini memberikan hasil penelitian yang dilakukan di SD 1 Barongan Kudus. Proses pembelajaran di SD 1 Barongan Kudus menggunakan komunikasi melalui telepon seluler. Berbagai aplikasi yang tersedia di telepon seluler digunakan sebagai media komunikasi untuk proses dan pelaksanaan daring. WhatsApp merupakan media komunikasi untuk proses pembelajaran daring, ada juga beberapa aplikasi lain seperti Google, Youtube, TikTok, Like dan aplikasi lain sebagai media aplikasi pendukung pembelajararan. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD 1 Barongan Kudus dengan informan penelitian pada 2 guru, 6 siswa dan 6 orangtua siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dari penelitian , dapat menyimpulkan bahwa dampak pembelajaran daring sangat beragam dan terbilang seimbang antara dampak baik dan buruk yang diterima. Hasil penelitian ini adalah dampak yang diperoleh dari pembelajaran daring di SD 1 Barongan yaitu diketahui guru, siswa dan orang tua siswa jadi tidak dapat berkomunikasi secara langsung dan pembelajaran daring mewajibkan semua pihak untuk berkomunikasi melalui WhatsApp. Selain kerjasama antara semua pihak harus terjaga, siswa dianjurkan tidak datang ke sekolah. Biaya sekolah yang jadi terasa sangat naik juga alami, guru harus mengeluarkan biaya untuk menyiapkan perangkat pembelajaran juga untuk data internet begitu juga dengan orang tua siswa. Selain biaya guru juga memberikan keringanan tugas untuk siswanya dengan memberikan sedikit kelonggaran waktu dan ijin belajar kelompok atau berdiskusi dengan teman sekelas. Solusi yang diterapkan dalam pembelajaran daring adalah kerjasama dan peran orang tua tetap terjaga. Selain itu pihak sekolah selalu mengupayakan keringanan untuk pembayaran buku dan terus mengupayakan penyaluran data internet dari pemerintah untuk guru dan siswa. Solusi dari terhambatnya proses daring yang dialami oleh guru dan siswa solusi juga dapat dilakukan pembelajaran berbasis blanded Learning atau pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis computer atau guru datang kerumah siswa untuk bimbingan kelompok dengan ketentuan khusus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (I) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd. M.Pd. (II) Muhammad Noor Ahsin, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Daring, Dampak, Pembelajaran, Covid-19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 19:47
Last Modified: 06 Oct 2021 19:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item