Penerapan numbered heads together berbantuan media engklek untuk meningkatkan hasil belajar tema 4 berbagai pekerjaan kelas iv di sd 1 jepang

NIKHAYAH, SITI (2021) Penerapan numbered heads together berbantuan media engklek untuk meningkatkan hasil belajar tema 4 berbagai pekerjaan kelas iv di sd 1 jepang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui aspek kognitif (pengetahuan) dan aspek psikomotorik (keterampilan) siswa kelas IV SD 1 Jepang dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Engklek. Model pembelajaran Numbered Heads Together merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif. Tujuan utama model pembelajaran Numbered Heads Together adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan serta mempertimbangkan jawaban yang paling tepat dan dapat mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama siswa. Media Engklek merupakan media permainan tradisional yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan materi pembelajaran agar siswa tertarik dalam pembelajaran sehingga menjadikan minat belajar siswa meningkat. Pemelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri 4 tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 1 Jepang yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Engklek dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Jepang tema 4 Berbagai Pekerjaan muatan pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar dan keterampilan mengajar guru. Hasil belajar aspek pengetahuan muatan pelajaran IPS pada siklus I memperoleh rata-rata 67,81 dengan ketuntasan klasikal 56,25% dan muatan pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 71,25 dengan ketuntasan klasikal 62,5% pada siklus II meningkat untuk muatan IPS memperoleh rata-rata 77,5 dengan ketuntasan klasikal 87,5% dan muatan pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 79,06 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Hasil belajar aspek keterampilan siklus I memperoleh presentase 57,14% meningkat pada siklus II menjadi 83,52%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh presentase 64,06% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,15%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan model Numbered Head Together berbantuan media Engklek dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SD 1 Jepang pada tema 4 Berbagai Pekerjaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Murtono, M.Pd, Pembimbing 2. Mila Roysa, S.Pd, M.Pd,
Kata Kunci: Numbered Head Together, Media Permainan, Hail Belajar, Berbagai Pekerjaan.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 19:52
Last Modified: 06 Oct 2021 19:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15258

Actions (login required)

View Item View Item