Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar Materi organ pernapasan manusia pada siswa kelas v sd gugus sudirman kecamatan pulokulon tahun 2021

KARUNIAWATI, SEPTI (2021) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar Materi organ pernapasan manusia pada siswa kelas v sd gugus sudirman kecamatan pulokulon tahun 2021. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
halaman judul.pdf - Accepted Version

Download (486kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (190kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (183kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN FIX.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan 1) menagnalisis pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Segugus Jenderal Sudirman Kecamatan Pulokulon materi organ pernapasan manusia, 2) menganalisis pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Segugus Jenderal Sudirman Kecamatan Pulokulon materi organ pernapasan manusia, 3) menganalisis perbedaan pengaruh model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar kelas V SD segugus Jenderal Sudirman Kecamatn Pulokulon materi organ pernapasan manusia Model pembelajaran guided inquiry merupakan suatu model pembelajaran yang dalam praktiknya guru memberikan bimbingan terhadap peserta didik, sehingga pada model ini peran guru lebih dominan dibandingkan dengan peserta didik (Hartono & Rudi, 2013:72). Puzzle merupakan salah satu alat permainan edukatif yang berfungsi untuk melatih logika, motorik halus dan melatih problem solving atau pemecahan masalah untuk mencocokkan bentuk pada tiap potongan puzzle (Handayani,2014). Puzzle Picture merupakan media permainan edukatif yang dapat merangsang kemampuan anak dengan cara bongkar pasang, merangkai dan menggabungkan beberapa potongan-potongan gambar menjadi suatu bentuk gambar yang utuh dan sempurna (Suraji,2014:203). .Penelitian merupakan penelitian kuantitaf dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas V sekolah dasar segugus jenderal Sudirman Kecamatan Pulokulon. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 3 SD yaitu SDN 3 Karangharjo model guided inquiry, SDN 4 Karangharjo dengan model guided inquiry berbantuan puzzle picture dan SDN Kecil Karangharjo sebagai model konvensional. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data berupa uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis dengan uji-t dan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar dengan hasil t hitung sebesar 3.453 dan t tabel sebesar 2,1098 maka t hitung > t tabel (2) terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar siswa. dengan hasil t hitung sebesar 6.154 , t tabel sebesar 2,0277 maka t hitung > t tabel, (3) terdapat perbedaan pengaruh antara model guided inquiry dan model guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Segugus Jenderal Sudirman Kecamatan Pulokulon materi organ pernapasan manusia. berdasarkan hasil t hitung sebesar 3.695 dan t tabel sebesar 2,0181 maka 3.695 > 2,0181. Kesimpulannya adalah hasil belajar siswa kelas V SD Segugus Jenderal Sudirman Kecamatan Pulokulon materi organ pernapasan manusia meningkat setelah mengalami model pembelajaran guided inquiry berbantuan puzzle picture

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (I) Dr. Slamet Utomo, M.Pd (II) Dr. Gunawan Setiadi,M.Pd
Kata Kunci: hasil belajar IPA, puzzle picture, guided inquiry,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 19:56
Last Modified: 06 Oct 2021 19:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15259

Actions (login required)

View Item View Item