Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal materi bilangan bulat kelas iv sdn 6 klumpit

Nuha, M. Ulin (2021) Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal materi bilangan bulat kelas iv sdn 6 klumpit. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMANN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (451kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal materi bilangan bulat kelas IV SDN 6 Klumpit. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 6 Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus karena siswa mengalami kesulitan pada saat mengerjakan soal cerita serta guru kurang memanfaatkan media pendukung agar memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Kesulitan berhitung adalah kesulitan dalam menggunakan bahasa simbol untuk berpikir, mencatat, dan mengkomunikasikan ide-ide yang berkaitan dengan kuantitas atau jumlah. Kesulitan belajar matematika antara lain: 1) gangguan hubungan keruangan; 2) kesulitan memahami arah waktu; 3) abnormalitas persepsi visual; 4) Asosiaso visual-motor; 5) persevasi, 6) kesulitan mengenal dan memahami simbol; 7) kesulitan membaca dan bahasa; 8) gangguan penghayatan tubuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dari situasi sosial adanya siswa kelas IV SD 6 Klumpit yang mengalami kesulitan belajar menyelesaikan soal materi bilangan bulat kelas, dipilih subjek penelitian berjumlah 17 siswa yang mengalami kesulitan belajar menyelesaikan soal materi bilangan bulat kelas dan 3 guru yang sebagai informan. Pengumpulan data dari informan menggunakan teknik dokumentasi, angket, wawancara, dan observasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kemudian diakukan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada siswa Kelas IV SDN 6 Klumpit menunjukkan bahwa Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bilangan Bulat yang dialami siswa terdiri dari tiga kompenen yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari siswa meliputi sikap siswa dalam belajar matematika, motivasi belajar siswa yang masih rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar siswa antara lain kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, serta lingkungan keluarga. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan belajar matematika berdasarkan kesulitan yang dialami dan faktor yang melatarbelakangi antara lain mengajarkan matematika dengan menyenangkan, menggunakan media pembelajaran yang kongret, memperbanyak latihan soal, dan menjalin kerja sama dengan orang tua siswa. Simpulan hasil penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal urian bilangan bulat, tidak menguasai konsep sebelumnya, kesalahan dalam pengerjaan soal uraian. Strategi yang digunakan guru dalam mengajarkan bilangan yaitu Guru menyediakan manik-manik dengan warna yang berbeda, manik berwarna biru mewakili bilangan pisitif, sedangkan warna merah mewakili bilangan negatif, agar lebih mudah sebaiknya diberi tanda positif dan negarif .

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Jayanti Putri P, S.Pd., M.Pd Pembimbing II Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Bilangan Bulat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 20:03
Last Modified: 06 Oct 2021 20:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15261

Actions (login required)

View Item View Item