Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring Pada masa pandemi covid-19 Di sd negeri bintoro 4 demak

Wahyuningsih, Dwi (2021) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring Pada masa pandemi covid-19 Di sd negeri bintoro 4 demak. Master thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (620kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis implementasi peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Bintoro 4 Demak, 2) menganalisis implementasi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Bintoro 4 Demak, 3) menganalisis dampak pemberian motivasi dan supervisi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Bintoro 4 Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teori Milles and Hubermen yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusin drawing/verification. Adapun keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), kepastian (confirmability). Hasil penelitian 1) Implementasi peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Bintoro 4 Demak meliputi (1) mendayagunakan seluruh potensi, mengkoordinasikan dan meningkatkan kolaborasi semua komponen sekolah, (2) memberikan apresiasi kepada guru dan siswa berprestasi, (3) memberikan arahan, bimbingan dan nasihat kepada guru dan siswa, (4) melakukan komunikasi multi arah dengan berbagai stakeholder. 2) Implementasi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Bintoro 4 Demak secara daring dengan cara kepala sekolah mengirim form pertanyaan berkenaan dengan kelangkapan administrasi pembelajaran dengan google form, sehingga dapat diketahui kelengkapan perangkat pembelajaran. setelah diketahui adanya permasalahan pembelajaran kepala sekolah memberikan bantuan akademik melalui percakapan pribadi menggunakan vidio call dan pertemuan tatap muka secara daring menggunakan google meet. 3) Dampak positif pemberian motivasi dan supervisi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Bintoro 4 Demak adalah seluruh warga sekolah memiliki antusias belajar, guru semangat dalam mengajar dan siswa kemandirian belajarnya semakin meningkat. Dampak dari adanya e-supervisi yang dilakukan kepala sekolah guru dapat melaksanakan pembelajaran daring dengan mengkolaborasikan teknologi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Slamet Utomo,M.Pd pembimbing 2 :Dr. Sri Surachmi W, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, KualitasPembelajaran Daring.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 20:33
Last Modified: 06 Oct 2021 20:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15269

Actions (login required)

View Item View Item