Peran orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi melalui aplikasi google clasroom di sd n 01 sukokulon

TONASA, WISNU FERDITAMA FRISKY (2021) Peran orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi melalui aplikasi google clasroom di sd n 01 sukokulon. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua yang diterapkan orang tua pada pembelajaran daring melalui aplikasi google classroom pada masa pandemi di SDN 01 Sukokulon, dengan rumusan masalah bentuk peran orang tua yang diterapkan orang tua siswa SDN 01 Sukokulon dan peranan orang tua dalam mendampingi pembelajaran daring siswa SDN 01 Sukokulon, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati. Penelitian ini membahas tentang peran orang tua impikasinya terhadap pendampingan belajar daring menggunakan google clasroom. Peran orang tua merupakan control orang tua dalam memberikan pendampingan pengaruh positif terhadap anak. Terdapat empat jenis peranan orang tua dalam pendampingan belajar yaitu pembimbing, motivator, fasilitator dan director. Sejalan dengan pernyataan tersebut penelitian ini akan memperdalam bentuk peran orang tua dalam pembelajaran daring melalui aplikasi google classroom dalam proses belajar dirumah. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Sukokulon, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, dengan mengambil subyek Orang Tua Siswa, Siswa dan Guru sebagai subjek penelitian. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran daring menggunakan google classroom, siswa masih kesulitan dalam pengorasian karena siswa belum mengenal aplikasi Google Classroom, anak tidak mengetahui fugsi fitur yang ada di Google Classroom, anak kesulitan dalam menemukan link tugas, anak kesulitan dalam mengumpulkan tugas, dan seringnya aplikasi Google Classrom yang mengalami error. Untuk itu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mendampingi siswa belajar daring dirumah. Peran orang tua sebagai pembimbing adalah menerangkan dan menjelaskan materi yang akan diajarkan ke anak ketika belajar dirumah, peran orang tua sebagai pendorong atau motivasi, orang tua harus memberikan motivasi kepada anaknya supaya lebih giat dalam melakukan pembelajaran dari rumah, fasilitator, sebagai orang tua harus menyediakan berbagai fasilitas belajar seperti tempat belajar, meja, kursi,penerangan, buku dan lain-lain. Peran orang tua sebagai pembimbing, orang tuamemberikan bimbingan secara berkelanjutan supaya anak akan mencapai cita-cita yang diharapkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (I) Dra. Sumarwiyah, M.Pd, kons. (II) Moh. Syaffrudin K.,S.Si.,M.Or
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, Google classroom
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 20:33
Last Modified: 06 Oct 2021 20:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15270

Actions (login required)

View Item View Item