Pengembangan ethnomathematics smart apps berbasis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas viii

Zulaichah, Umi (2021) Pengembangan ethnomathematics smart apps berbasis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas viii. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (650kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang terjadi di SMP 5 Kudus adalah pada kemampuan pemecahan masalah yang rendah karena kurangnya bahan ajar. Kemampuan pemecahan masalah yang rendah 57% disebabkan siswa kurang tertarik serta kurang aktif 60%. Sebanyak 75% siswa menginginkan isi aplikasi mengaitkan budaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan Ethnomathematics Smart Apps berbasis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (2) Menguji validitas Ethnomathematics Smart Apps berbasis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (3) Menguji kepraktisan Ethnomathematics Smart Apps berbasis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VIIIA SMP 5 Kudus. Adapun langkah-langkah penelitian ini menggunakan model ADDIE antara lain: (1) Analyse; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Instrument penelitian meliputi lembar wawancara (studi pendahuluan, analisis kebutuhan, uji skala terbatas), lembar angket (studi pendahuluan, validasi ahli materi dan media, dan kepraktisan), lembar tes (tes kemampuan pemecahan masalah pada studi pendahuluan). Aplikasi Ethnomathematics Smart Apps didesain dengan fitur semenarik mungkin. Pada bagian isi memuat dengan berbagai fitur yang menarik, yaitu KODA (kompetensi dasar), PENA (petunjuk penggunaan), MARKO (materi pokok), LASO (latihan soal), dan SOMAD (soal mandiri). Keunggulan aplikasi ini adalah berisi kebudayaan mengenai tradisi yang ada di Kudus dengan mengaitkan materi sistem persamaan linear dua variabel. Pada fitur SOMAD (soal mandiri) soal dibuat dengan berbasis kemampuan pemecahan masalah. Hasil dari validasi aplikasi memperoleh skor 3,04 dengan kriteria valid. Hasil dari kepraktisan guru memperoleh skor 3,07 dengan kriteria praktis. Sedangkan hasil angket kepraktisan siswa diperoleh skor 3,26 dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil tersebut aplikasi dinyatakan valid, praktis dan layak. Sehingga aplikasi Ethnomathematics Smart Apps dapat digunakan sebagai tambahan bahan ajar untuk pelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. (2) Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aplikasi, Ethnomathematics Smart Apps, Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLDV
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 21:26
Last Modified: 06 Oct 2021 21:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15274

Actions (login required)

View Item View Item