Keefektivan modelmake a match berbantuan mediakartu untuk meningkatkan hasil belajarsiswa kelas v pada materi ekosistem di desa karang bener

SAFITRI, YUDIT MARTALIA (2021) Keefektivan modelmake a match berbantuan mediakartu untuk meningkatkan hasil belajarsiswa kelas v pada materi ekosistem di desa karang bener. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (244kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton menyebabkan siswa tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dalam individu maupun kelompok. Di dalam kelas proses pembelajaran hanya berpusat pada guru, sehingga menyebabkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sangat rendah. Siswa dalam proses pembelajaran hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga tidak adanya interaksi timbal balik antara guru dengan siswa. Sehingga dalam pembelajaran berkelompok pun nilai kerjasama antar siswa sangat rendah. Tidak adanya kerjasama antar siswa mengakibatkan pembelajaran dalam diskusi menjadi monoton tanpa ada arah yang jelas. Ini dikarenakan pembelajaran yang dikelola oleh guru kurang melibatkan siswa untuk aktif sebagaimana tujuan kurikulum 2013 itu sendiri yang dimana siswa harus aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa masih rendah, dari 21 siswa yang tuntas hanya 7 siswa ( 33%), sedangkan 14 siswa (67%) belum tuntas. Masalah dalam peneliyian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan, dan hasil belajar. Make a Match adalah permainan yang mencari pasangan antara soal pertanyaan dan jawaban yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan keterampilan guru dengan menggunakan permainan kartu. Make A Match adalah peserta didik diminta untuk mencari pasangan kartu yang jawaban atau soal dari materi tertentu dalam pembelajaran. Salah satu keunggulan teknik ini yaitu peserta didik dengan aktif mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu topic atau konsep dalam suasana yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa melalui tema 5 Ekosistem. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 52% dengan kategori kurang namun pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan nilai sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 75% dengan kategori cukup, namun pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 88% dengan kategori baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Dr. Murtono, M.Pd. (2) Mohammad Syaffruddin Kuryanto, S.Si, M.Or.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Make a Match, Media Kartu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 00:06
Last Modified: 08 Oct 2021 00:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15302

Actions (login required)

View Item View Item