Respon anak ditinjau dari ranah kognitif dalam pelestarian cagar budaya situs patiayam kudus

PERSADA, AWAN YUDHA (2021) Respon anak ditinjau dari ranah kognitif dalam pelestarian cagar budaya situs patiayam kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (74kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja sumber belajar yang dapat diakses anak untuk menunjang ranah kognitif dalam Cagar Budaya Situs Patiayam Kudus serta bagaimana respon anak dalam Pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam ditinjau dari ranah kognitif . Respon anak adalah suatu bentuk tanggapan anak yang dihasilkan dari proses penangkapan dan pengolahan alat indera manusia, proses penangkapan alat indera itu kemudian diolah oleh perasaan yang dirasakan maupun proses berfikir, kemudian terbentuklah sebuah tanggapan. Respon anak yang dimaksud adalah respon anak dalam tanggapan persepsi dengan adanya Cagar Budaya Situs Patiayam, sebagai pelestarian lingkungan yang terdapat pendidikan sejarah purbakala di Kabupaten Kudus. Pelestarian merupakan suatu kegiatan untuk mengurangi kerusakan benda upaya dalam penyelamatan, pengamanan, dan pemeliharaan untuk mempertahankan keaslian benda ataupun bangunan cagar budaya. Cagar budaya merupakan suatu benda yang sekurang-kurangnya berumur 50 tahun yang memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama serta kebudayaan yang perlu dilestarikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis naratif yang telah dilaksanakan di desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Sumber data primer ini adalah anak sekolah dasar dan petugas situs patiayam, sedangkan sumber data sekunder di dapatkan dengan dokumentasi dan catatan penelitian, serta buku dan jurnal penelitian relevan yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah interaktif yang meliputi tahapan reduksi, penyajian, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan informasi mengenai ranah kognitif anak. Penelitian juga menunjukkan respon anak dalam pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam ditinjau dari ranah kognitif bahwa beberapa anak antusias dan senang ikut serta dalam pelestarian cagar budaya. Dalam cagar budaya terdapat sumber belajar sebagai proses pemanfaatan tempat pembelajaran mengenai pelestarian untuk mempermudah anak dalam belajar sejarah mengenai aspek pengetahuan, pendidikan, sosial, dan ekonomi. Situs patiayam memiliki peran penting pada pengetahuan anak karena situs patiayam merupakan cagar budaya yang memiliki pengetahuan ilmu sejarah pada zaman dahulu. Situs patiayam mampu memberikan dorongan atau motivasi terhadap anak dalam meningkatkan motivasi belajar yang baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Nur Fajrie, M.Pd. (2) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: Artefak, Aspek Kognitif, Cagar Budaya, Sumber Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 00:12
Last Modified: 08 Oct 2021 00:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15303

Actions (login required)

View Item View Item