Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah dasar berdasarkan tingkat Kemampuan matematis

HIDAYAH, NOER CAHYANI (2021) Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah dasar berdasarkan tingkat Kemampuan matematis. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (670kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (403kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan permasalahan pada pembelajaran matematika, siswa belum bisa memahami masalah yang terdapat pada soal dan belum bisa menyelesaikan masalah dengan ide nya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar kelas V SD 2 Jojo berdasarkan tingkat kemampuan matematis yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki hasil belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan dalam memecahkan masalah yang di miliki siswa yang dapat memunculkan ide atau gagasan baru untuk menyelesaikan masalah tersebut. Indikator kemampuan berpikir terdiri dari indikator kelancaran, keluwesan, kerincian, dan keaslian. Sedangkan kemampuan matematis adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dalam bentuk soal cerita maupun lainnya. Tingkat kemampuan matematis dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SD 2 Jojo. Desa Jojo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas V SD 2 Jojo dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumen tes dan wawancara kepada siswa yang dijadikan subjek dalam penelitian ini. Tahapan dalam analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa subjek T1 dan T2 mampu menyelesaikan permasalahan pada soal dengan baik dan lancar sesuai dengan perintah yang terdapat pada soal. Pada subjek dengan kategori sedang S1 dan S2 mempunyai kemampuan berpikir yang cukup bagus dalam menyelesaikan soal, subjek masih kesulitan dalam mencari langkah penyelesaian. Pada subjek dengan kategori rendah mempunyai kemampuan berpikir yang kurang, subjek belum bisa memahami masalah yang terdapat pada soal. Subjek kategori tinggi dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif mampu menyelesaikan soal dengan tiga indikator kemampuan berpikir kreatif. Subjek dengan kategori sedang mampu menyelesaikan dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran dan keluwesan. Pada subjek kategori rendah hanya mampu menyelesaikan satu indikator yaitu keluwesan. Kesulitan yang dihadapi yaitu kurangnya memahami permasalahan dalam bentuk soal cerita dan kurangnya soal-soal latihan tingkat tinggi untuk siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Himmatul Ulya, S.Pd, M.Pd. (2) Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 19:36
Last Modified: 08 Oct 2021 19:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15312

Actions (login required)

View Item View Item