SEPTIANI, FIRDA DWI (2021) Analisis pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar pada anak sekolah dasar di desa ngembalrejo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (396kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (738kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ngembalrejo RT.10 RW.01 Ngembalrejo Bae Kudus pada anak usia 11-13 tahun dan orang tua, karena peneliti melihat adanya masalah pada anak dalam motivasi belajar yang dipengaruhi pola asuh orang tua dan jenis pola asuh yang diterapkan orang tua serta penerapan terhadap meningkatkan motivasi belajar anak. Pola asuh orang tua merupakan sikap orang tua dalam berinteraksi, membimbing, membina dan mendidik anak-anaknya dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan menjadikan anak sukses menjalani kehidupan ini. Terdapat tiga jenis pola asuh, yaitu pola asuh permisif, demokratif, otoritatif dan pola asuh penelantaran. Motivasi belajar adalah suatu proses untuk mengingatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran atau keadaan dan kesiapan dalam diri siswa yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Ngembalrejo tepatnya Dukuh Ngetuk RT.10 RW.01 Ngembalrejo Bae Kudus pada anak-anak usia sekolah, dengan mengambil subjek 4 orang tua dan 4 siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian analsis pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak menunjukkan bahwa orang tua dalam memberikan bentuk pola pengasuhan menggunakan pola asuh Permisif dan demokratis. Penerapan pola asuh yang baik dapat diwujudkan lewat perlakuan, perhatian, pemenuhan kebutuhan, serta sikap orang tua dalam kehidupan sehari-hari dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak di sekolah. Jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dapat berpengaruh terhadap karakteristik anak. Dengan demikian siswa tidak hanya memperoleh motivasi belajar yang maksimal tetapi memiliki pendidikan karakter yang baik dalam upaya mempersiapkan generasi yang akan datang memberikan sikap yang positif. Faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua adalah cita-cita atau aspirasi, Kemampuan, kondisi pembelajar, kondisi lingkungan, unsur-unsur dinamis belajar atau pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (1) Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. (2) Ika Ari Pratiwi S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Pola Asuh Orang tua dan Motivasi Belajar anak |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 19:43 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 19:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15318 |
Actions (login required)
View Item |