Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan Berpikir kreatif ipa pada materi siklus air Kelas v di sdn 2 sengonbugel

Agustin, Lutfiya Laily (2021) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan Berpikir kreatif ipa pada materi siklus air Kelas v di sdn 2 sengonbugel. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (282kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatifIPA siswa Kelas V di SDN 2 Sengonbugel dan seberapa besar pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa Kelas V di SDN 2 Sengonbugel, dengan rumusan masalah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif kelas V di SDN 2 Sengonbugel dan seberapa besar pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif Kelas V di SDN 2 Sengonbugel. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan baru atau kemampuan menempatkan dan mengkombinasikan sejumlah objek secara berbeda yang berasal dari pemikiran manusia yang bersifat dapat dimengerti. Motivasi sebagai dorongan, kebutuhan, semangat, kekuatan, tekanan, atau mekanisme psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survey deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sengonbugel yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes kemampuan berpikir kreatif, kuosioner, dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan reabilitas,uji tingkat kesukaran tes, daya pembeda, uji asumsi dasar, regresi linear sederhana, Uji t (Parsial) Koefisien, uji determinasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,004 dengan nilai t tabel 2,100 dan nilai signifikansi 0,005. Dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,004 > 2,100), maka H0 ditolak dan H1 diterima (terdapat pengaruh dan signifikan). Jadi motivasi belajar merupakan variabel bebas yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA materi siklus air siswa di SDN 2 Sengonbugel. 2)Besarnya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 33,4% sedangkan sisanya 66,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Hal ini dilihat dari hasil analisis koefisien determinasi pada regresi linear sederhana menunjukan nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,578 dan nilai r square 0,334. Kemudian nilai R square dengan rumus Koefisien Determinasi yaitu KD = 0,334 x 100 = 33,4%. Penelitian kuantitatif ini hendaknya siswa dapat berpengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA pada materi siklus air siswa kelas V menjadi meningkat sehingga siswa dapat memahami soal prestest dan postest materi siklus air

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (I) Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd. (II) Ika Ari Pratiwi,S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 20:11
Last Modified: 08 Oct 2021 20:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item